Gubernur Al Haris Pimpin Apel Perdana Masuk Sekolah di SMA Titian Teras, Pesannya Menyentuh

Gubernur Al Haris Pimpin Apel Perdana Masuk Sekolah di SMA Titian Teras, Pesannya Menyentuh

Gubernur Al Haris Pimpin Apel Perdana Masuk Sekolah di SMA Titian Teras--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Hari pertama masuk sekolah di Provinsi Jambi, Gubernur Jambi Al Haris langsung menjadi pemimpin apel upacara di SMA Titian Teras H.Abdoerrahman Sayoeti di Pijoan, Kabupaten Muaro Jambi Senin (17/7/2023).

Saat jadi inspektur upacara di sekolah berasrama di Provinsi itu, Gubernur Al Haris mengatakan dirinya sengaja apel di SMA itu untuk bertemu dengan para siswa yang akan jadi pemimpin. "Saya langkah waktu saya kesini jalan dari Merangin tadi untuk bertemu anak-anak sekalian," sebut Haris didepan ratusan siswa.

Haris mengatakan di hari pertama masuk sekolah, dirinya ingin SMAN TT semakin baik. Karena siswa dipilih melalui seleksi yang ketat. "Maka setiap tahun para guru kepala sekolah mengawasi betul proses awal dengan baik dan hasilnya akan baik kedepan," kata Haris.

Kemudian, Al Haris berpesan sistem pendidikan harus lebih baik. "Selama di sekolah, diolah digembleng dan disiplin. Kalau berhasil akan jadi anak SMA TT yang berkualitas yang siap bersaing di PTN, bersaing di Akpol dan Akmil, itu kalau bisa dididik dengan baik disini," ucap Haris.

Dalam Apel ini Haris juga memberikan pesan penting dan menyentuh kepada seluruh siswa.

"Detik menit dan jam semua bernilai pendidikan. Ibaratkan, pabrik sedang berjalan. Anak-anak harus disiplin. Calon pemimpin harus bisa memimpin dirinya, minimal memimpin dirinya sendiri," katanya.

Haris menyebut pernah sidak ke SMA TT beberapa waktu lalu. Dan saat itu kotor, maka saya bilang terapkan disiplin yang benar disekolah. Dan pamong agar jangan awasi. "Modal utama kita disiplin, untuk dirinya, lingkungan dan orang banyak," katanya.

Haris juga menyadari orang tua mempercayakan anaknya agar disiplin dan digembleng agar saat lulus hasilnya nampak. "Siswa semua kader-kader Jambi, kalau di tempa yang baik bisa jadi apa saja. Modal disini 3 tahun," ucap Haris.

Kepada guru dan pamong Al Haris berpesan agar berpakaian dinas lengkap dan memberikan contoh agar ditiru siswa. "Dia yang tampil dulun yang bagus, bagaimana guru menyuruh siswa tampil baik tapi dia saja belum bagus performance nya," katanya. 

Kepada siswa baru kelas X Al Haris juga berpesan agar memanfaatkan peluang setelah diterima di SMA TT. "Untuk itu ananda yang baru serius mantapkan hati, dan jadikan pengalaman disini," katanya.

Saat upacara, Al Haris melihat di lapangan marching band agak kurang bagus karena alat yang tak bagus lagi. Ini harus ditukar, fals

Haris juga memberikan saran agar pembacaan UUD dan janji prasetya siswa di SMA TT kedepan tak lagi melihat teks, namun harus hafal dengan teks. 

Apel ini sendiri juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun SMA TT ke-29. "Pertanyaan hari ini siswa mau jadi senior yang hebat-hebat atau biasa jadi, siswa yang memilih. Saya menitipkan guru generasi muda Jambi walaupun dalam proses banyak yang belum berkenan di hati, yang penting didik dan gembleng mereka," katanya.(aan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: