Ini Tiga SMA/MA Terbaik di Provinsi Jambi 2022, Nilai UTBK Masuk Top 1000 Nasional

Ini Tiga SMA/MA Terbaik di Provinsi Jambi 2022, Nilai UTBK Masuk Top 1000 Nasional

Aktivitas senam sehat MAN Insan Cendikia Jambi yang rutin dilaksanakan. Foto : ic jambi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Tiga sekolah tingkat menengah atas di Provinsi Jambi masuk dalam top 1000 sekolah tahun 2022 berdasarkan nilai UTBK di Indonesia.

 

UTBK adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer. UTBK merupakan ujian atau tes seleksi yang dilakukan untuk masuk perguruan tinggi negeri di dalam negeri. 

 

Merilis situs resmi LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), tercatat tiga sekolah di Provinsi Jambi yang masuk dalam jajaran top 1000 di Indonesia berdasarkan UTBK

 

Sekolah tersebut adalah : 

1. MAN Insan Cendikia Jambi 

Peringkat Nasional : 37

Peringkat Provinsi Jambi : 1

Nilai Total UTBK 2022 : 602.43

 

2. SMA Titian Teras

Peringkat Nasional : 692

Peringkat Provinsi Jambi : 2

Nilai Total UTBK 2022 : 523.767

 

3. SMA Nurul Ilmi

Peringkat Nasional : 896

Peringkat Provinsi Jambi : 3

Nilai Total UTBK 2022 : 516.351

 

Ini merupakan prestasi bagi Provinsi Jambi. Meski demikian, sekolah yang masuk jajaran top 1000 asal Jambi terbilang belum banyak.

 

Merujuk dari provinsi tetangga, Sumatera Selatan ada 13 sekolah, didominasi sekolah dari wilayah area pusat Kota Palembang, namun juga ada sekolah asal kabupaten seperti SMAN 4 Lahat, MAN 1 Lubuk Linggau dan SMAN 1 Muara Enim. 

 

Sementara Sumatera Barat 26 sekolah, Sumatera Utara 24 sekolah, gabungan Riau dan Kepri 26 sekolah, Lampung tercatat enam sekolah, Aceh empat sekolah , Bangka empat sekolah dan Bengkulu dua sekolah.

 

Peringkat satu nasional diraih oleh MAN Cendikia Serpong Banten, peringkat kedua nasional SMA Katolik St Lois 1 Surabaya dan ketiga nasional adalah SMA Pradita Dirgantara Jawa Tengah. 

 

Sebagai gambaran, UTBK diselenggarakan oleh LTMPT, lembaga ini juga mengurus pendaftaran, jadwal tes hingga pengumuman hasilnya. 

 

Lembaga ini secara resmi diluncurkan Mentri Riset dan Teknologi dan Pendidikan RI pada 4 Januari 2019 silam. 

 

UTBK memiliki tiga pilihan ujian, yaitu saintek, soshum dan campuran. Apa saja mata uji yang dites? Yaitu tes potensi skolatik (TPC) dan tes kompetensi akademik (TKA).

 

Skor yang diraih seseorang dalam UTBK inilah yang akan digunakan untuk mendaftar ke perguruan tinggi negeri dalam negeri pada saat SNMPTN. Analoginya sederhana, UTBK merupakan nama ujiannya, sementara SBMPTN adalah proses seleksinya.

 

LTMPT dalam situs resminya https://ltmpt.ac.id/ mencatat bahwa lembaga ini melaksanakan tes masuk perguruan tinggi secara kredible, adil, transparan, fleksibel, efisien dan akuntabel. 

 

Keberadaan LTMPT juga disebut bisa mendapatkan calon mahasiswa baru yang diperkirakan mempunyai keberhasilan studi di Perguruan Tinggi.

 

“Selain itu diharapkan masyarakat akan mendapatkan kenyamanan dan kemanfaatan lebih,” tulis situs tersebut. (dpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: