Pembebasan Lahan Tol Padang-Sicincin Masih Diwarnai Gugat Menggugat Pengadilan

Pembebasan Lahan Tol Padang-Sicincin Masih Diwarnai Gugat Menggugat Pengadilan

Ketua Tim Percepatan Audy Joinaldy Ketua Tim Percepatan Pembebasan Lahan Tol Provinsi Sumbar saat meninjau lokasi proyek Jalan Tol Padang-Sicincin-Foto: Tangkap Layar IG @joinaldy-

PADANG, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Proses pembebasan lahan tol Padang-Sicincin ternyata masih diwarnai gugat menggugat di pengadilan.

 

Masalah lahan tol Padang-Sicincin sebenarnya telah hampir clear, 95 persen telah berhasil dibebaskan. Kini Pemerintah Provinsi Sumbar hanya punya PR membebaskan sisanya yaitu 5 persen lagi.

 

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy usai meninjau progres pembangunan Tol Padang-Sicincin kepada wartawan Senin (22/5) mengatakan, hingga saat ini masih ada 81 bidang tanah untuk ruas Tol Padang-Sicincin yang belum rampung dibebaskan.

 

Latar belakangnya beragam, diantaranya ada yang mengaku sebagai pemilik tanah dan saling menggugat di pengadilan dan terkait hal ini masih dalam tahap musyawarah.

 

Kemudian masalah lainnya, masih ada tanah yang dalam proses verifikasi dan penilaian ulang.

 

Ada pula yang berkasnya belum lengkap, berkas belum ada sama sekali dan juga proses pengecekan BPN dan masih ada juga yang sudah proses sidang tinggal menunggu ketetapan hukum tetap.

 

Pemerintah Sumbar kata Joinaldy tidak bisa menuntaskan sekaligus pembebasan lahan Tol Padang-Sicincin ini karena ini juga terkait dengan pihak lain, salah satu dengan BPN sebagai leading sectornya.

 

Namun demikian, Pemprov Sumbar telah membentuk tim percepatan pembebasan lahan agar semua prosesnya bisa semakin cepat.

 

Hal ini dibuktikan pula dengan telah rampungnya pembebasan lahan Tol Padang-Sumbar total 95 persen.

 

Hingga saat ini sudah 1.541 bidang tanah yang dilepas warga Sumbar untuk pembangunan jalan Tol Padang-Sicincin.

 

Audy Joinaldy yang juga Ketua Tim Percepatan Pembebasan Lahan Tol Provinsi Sumbar mengatakan, dari total 1.541 bidang tanah yang sudah dilepas ini, merupakan 95,06 persen dari total 1.621 bidang yang dibutuhkan untuk merampungkan jalan tol Padang-Sicincin.

 

Tol Padang-Sicincin merupakan bagian dari ruas Tol Padang-Pekanbaru yang ditargetkan bisa tersambung untuk merampungkan proyek Jalan Tol Trans Sumatera.

 

Tol Padang-Sicincin sendiri panjangnya 36,6 Kilometer. Di tengah beberapa persoalan yang dihadapi, namun pihaknya juga optimis pengerjaan jalan tol Padang-Sicincin ini akan rampung akhir 2024 mendatang.

 

Jalan Tol Padang - Sicincin akan terbentang sepanjang 36,6 kilometer yang merupakan mainroad.

 

Tol ini memiliki 2x2 lajur sehingga memungkinkan kendaraan bisa dipacu dengan kecepatan sesuai rencana yaitu 80 km/jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: