Berseliweran Info Jadwal Tes CPNS 2023, Bulan April Lah Juni Lah, Ini Penjelasan Menpan-RB

Berseliweran Info Jadwal Tes CPNS 2023, Bulan April Lah Juni Lah, Ini Penjelasan Menpan-RB

MenPAN-RB Azwar Anas.-Foto: Humas KemenPAN-RB-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Informasi terkait jadwal pendaftaran dan tes CPNS semakin liar saja. Begitu banyak informasi yang berseliweran, ada yang bilang bulan April lah, Juni lah.

 

Terbaru, melalui sebuah akun Tik Tok, juga dikatakan bahwa pendaftaran tes CPNS akan dibuka bulan Juni 2023. Akun ini sangat viral dan dibaca ratusan ribu orang.

 

Begitu lengkap informasi yang diberikan akun tersebut, ditulis bahwa penetapan formasi dilakukan BKN pada bulan April 2023 ini dan pengumuman penerimaan CPNS 2023 dilakukan 4 Juni 2023.

 

Lalu dibagi pula informasi bahwa pendaftaran online melalui Portal sscasn.bkn.go.id akan dilakukan pada tanggal: 5-21 Juni 2023, seleksi administrasi: 21-27 Juni 2023, pengumuman hasil seleksi administrasi: 28-29 Juni 2023.

 

Ada pula ditulis jadwal masa sanggah seleksi administrasi: 30 Juni-1 Juli 2023, pengumuman hasil administrasi pasca sanggah: 9 Juli 2023.

 

Telah keluar pula jadwal SKD: 16 Juli 2023, jadwal produksi kartu ujian: 17-24 Juli 2023 Pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD): 25 Juli-4 Agustus 2023 Pengumuman hasil seleksi SKD: 17-18 Agustus 2023.

 

Menanggapi berbagai versi jadwal CPNS 2023. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) akhirnya buka suara.

 

Hingga sekarang ternyata belum ada mengumumkan jadawal tes CPNS dan belum ada data formasi apa saja yang akan diterima dalam pendaftaran CPNS 2023.

 

Menpan-RB Abdullah Azwar Anas dalam keterangannya mengatakan, pengumuman formasi CPNS 2023 belum dilakukan karena pemerintah sedang dalam proses tahapan usulan kebutuhan formasi ke sejumlah instansi pemerintah.

 

Meski belum mengumumkan formasi CPNS 2023 secara resmi, namun Menpan memberikan 4 bocoran penting dan valid terkait hal itu.

 

Pertama, Menpan memastikan pemerintah masih fokus dengan pemenuhan kebutuhan akan tenaga kesehatan dan pendidikan.

 

Dua formasi ini memang menjadi prioritas pemerintah pada tahun 2023.

 

Kedua, dalam formasi CPNS 2023 pemerintah juga akan memberi peluang untuk mereka yang bertalenta di bidang dunia digital.

 

Formasi untuk bidang digital seiring pula dengan transformasi digitalisasi yang kini difokuskan pemerintah melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

 

Pemerintah sendiri telah melakukan analisi jabatan mana saja yang terdampak perkembangan dunia digital.

 

Mengingat dunia digital berubah sangat cepat, pemerintah pun katanya akan beradaptasi dengan cepat.

 

Ketiga, pemerintah juga akan membuka peluang formasi untuk hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya.

 

Keempat, Menpan mengatakan bahwa pemerintah akan mempertimbangkan sejumlah variabel dalam menerima PNS. Misalnya berapa jumlah PNS yang pensiun, letaka geografis dan juga kemampuan anggaran dan pertimbangan teknis BKN.

 

Kata Menpan, terdapat 4 pula arah kebijakan penerimaan ASN tahun 2023.

 

Pertama fokus pada pelayanan dasar, Kedua memberi kesempatan rekrutmen untuk SDM talenta digital dan Ketiga merekrut CASN sangat selektif serta Keempat mengurangi rekrutmen jabatan yang terdampak akibat transformasi digital.

 

Jadi Kapan Jadwal Pendaftaran CPNS 2023?

 

Terkait jadwal pendaftaran CPNS 2023, rencana awal memang akan mulai dibuka pada Juni 2023, tak hanya CPNS namun juga PPPK di seluruh wilayah di Indonesia.

 

Dikatakan Alex Denni, Deputi Bidang SDM Aparatur Kemenpan-RB, perekrutan CPNS dilakukan usai rekrutmen PPPK tenaga teknis tuntas pada Juni mendatang.

 

Sekarang soal-soal tes seleksi juga telah mulai disusun. Beberapa kementerian bahkan sudah selesai membuat soal-soal tes.

 

Diantara kementerian yang selesai membuat soal tes kata Alex yaitu Kemenkes dan BPK.

Selain itu, anggaran untuk keperluan seleksi kata Alex juga sudah dalam proses persiapan.

 

Anggaran untuk seleksi guru akan di crosscheck Kemendikbud, anggaran nakes di crosscheck Kemenkes. “Lalu kemudian baru nanti kita lanjut ke teknis yang lain, Insya Allah April kita bungkus," tambahnya lagi.

 

Meski tahun 2023 pemerintah akan menargetkan penuntasan THK II non ASN namun kata Alex, tahun ini tetap akan ada tes untuk CPNS dan PPPK. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: