Hasil Riset Mahasiswa PSP UNJA Bisa Haluskan Kulit dan Buat Awet Muda

Hasil Riset Mahasiswa PSP UNJA Bisa Haluskan Kulit dan Buat Awet Muda

Hasil Riset Mahasiswa PSP UNJA Bisa Haluskan Kulit dan Buat Awet Muda--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Dua mahasiswa Fakultas Peternakan (Faperta) Universitas Jambi (UNJA) berhasil menciptakan inovasi produk Minuman Kolagen dari Kulit Ikan Gabus (channa stratiata) dengan Penambahan Bunga Telang (clitoria ternatea). Keduanya yaitu Fitria Sari Wulandari dan Faiqul Hafidz Al Humaid, mahasiswa Prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP) yang menciptakan inovasi tersebut berdasarkan hasil penelitian bersama dosen pendamping, Metha Monica, S.Pi., M.P.

Wulan sebagai perwakilan tim menjelaskan apa saja langkah yang dipersiapkan dalam pembuatan produk inovasi tersebut. “Persiapan yang dilakukan dengan mengumpulkan bahan dan alat penelitian, melakukan penelitian di laboratorium, melakukan uji organoleptik, mengumpulkan data, dan menjadikannya sebuah paper. Produk akhirnya berbentuk minuman kolagen kulit ikan gabus,” jelas Wulan.

Ia juga menjabarkan bahwa minuman kolagen yang diciptakannya bersama tim memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh manusia.

Manfaat Kolagen Kulit Ikan Gabus diantaranya yaitu menjaga elastisitas kulit, menjaga kelembaban kulit, merawat kulit menjadi lebih kencang dan awet muda, menghaluskan kulit, mempercepat pemulihan luka, dan menghilangkan noda hitam. 

Wulan bersama Faiqul melakukan uji organoleptik pada ciptaannya, dengan prosedur antara lain, menggunakan panelis terlatih sebanyak 5 orang, setiap penelis diberi lembar kuisioner dan sampel yang akan di uji serta roti gabing tawar, kopi dan air mineral. Diberi penjelasan cara pengujian sampel, setelah itu menghasilkan skor organolesptik minuman kolagen menghitung data skor organoleptik

Dari hasil penelitian tersebut, mereka berdua memaparkan penelitiannya ke dalam bentuk karya tulis ilmiah. Hebatnya, karya tulis mereka berhasil mengharumkan nama UNJA di tingkat nasional dengan meraih Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional KRPN Tahun 2022 yang diselenggarakan di Universitas Mulawarman, pada 14-19 November 2022. Wulan dan Faiqul berkompetisi dengan 19 mahasiswa lainnya yang berasal dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Capaian tersebut membuat mereka membawa pulang hadiah berupa sertifikat, uang pembinaan, dan trofi.

Metha Monica, S.Pi., M.P. selaku dosen pembimbing penulisan karya tulis ilmiah menjelaskan bahwa hal yang dilakukan mahasiswanya didasarkan pada pemanfaatan kulit ikan gabus yang belum optimal di Kota Jambi. "Alhamdulilah mahasiswa dari Prodi PSP bisa menjadi juara 1 pada lomba karya tulis nasional KRPN yang mengangkat minuman kolagen dari kulit ikan Gabus dan menggunakan bunga Telang. Dimana kita ketahui produksi kulit ikan gabus sangat banyak di Kota Jambi tetapi pemanfaatan belum optimal, yang biasanya hanya dibuat kerupuk dan pempek kulit. Minuman kolagen dari kulit ikan gabus sangat baik untuk kesehatan dan disukai panelis secara organoleptik,” ujar beliau. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: