>

Pengusaha Muslim Tionghoa ini Dapat Pinjaman Kredit Syariah untuk Rampungkan Tol Cisumdawu

Pengusaha Muslim Tionghoa ini Dapat Pinjaman Kredit Syariah untuk Rampungkan Tol Cisumdawu

Jalan Tol Cisumdawu. Foto : Dok BPJT--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Jusuf Hamka, pengusaha muslim Tionghoa yang memiliki banyak proyek jalan tol ini mendapatkan pinjaman kredit syariah untuk bisa menyelesaikan jalan Tol Cisumdawu.

 

Tol Cisumdawu  adalah jalan tol Cileunyi Sumedang Dawuan.

 

Nilai pembiayaan yang diperoleh Jusuf Hamka melalui perusahaanya  PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) lumayan juga angkanya, mencapai  Rp 5,5 Triliun Rupiah untuk jangka waktu pembayaran 15 tahun. 

 

Jusuf Hamka mendapatkan financial close melalui kredit investasi perbankan dan lembaga keuangan non bank dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero). 

 

Jusuf Hamka mengatakan, perjanjian dengan bank sindikasi menggambarkan tingkat kepercayaan perbankan kepada CKJT selaku operator Tol Cisumdawu. 

 

Dana yang diberikan kata Jusuf Hamka telah menggenjot penyelesaian konstruksi Tol Cisumdawu seksi 4 hingga 6 serta Dawuan Junction.

 

Tol Cisumdawu diproyeksikan tuntas pada Maret 2023 oleh perusahaan milik Jusuf Hamka selaku pengelola. 

 

Bahkan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menginginkan Tol Cisumdawu  bisa lebih cepat rampung dan tersambungnya, kalau bisa akhir Februari 2023 ini.

 

Hal ini penting karena akan mendongkrak perekonomian di wilayah Kota Cirebon, Majalengka, Kuningan dan Indramayu guna menghubungkan semuanya menuju Bandung. 

 

Pekerjaan Tol Cisumdawu Seksi 4,5 dan 6 serta Dawuan Junction kini memang dalam proses pekerjaan. 

 

Totalnya, Tol Cisumdawu ada enam seksi. Dibangun skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi 5,5 triliun Rupiah. 

 

Seksi 1 dan 2 dikerjakan dengan dana pemerintah, sementara Seksi 3 hingga 6 dikerjakan oleh perusahaan Jusuf Hamka,  PT CKJT selaku pengelola Tol Cisumdawu.

 

Danang Parikesit, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR mengatakan kepercayaan PT CKJT hingga mendapatkan financial close melalui kredit investasi perbankan dan lembaga keuangan non bank sangat diapresiasi karena itu memastikan bahwa proyek Tol Cisumdawu memiliki dana cukup dalam menyelesaikan konstruksi.

 

Tol Cisumdawu terdiri 6 seksi, Seksi I Cileunyi-Rancakalong sepanjang 11,45 km, Seksi II Rancakalong-Sumedang 17,05 Km, dan Seksi 3 dari Sumedang ke Cimalaka dengan sepanjang 4,05 Km.

 

Kemudian Seksi 4 Cimalaka-Legok sepanjang 8,20 Km, Seksi 5 Legok-Ujungjaya 14,9 Km dan Seksi 6 Ujungjaya-Dawuan dengan panjang bentangan 6,06 Km. 

 

Tol Cisumdawu Seksi 1 telah beroperasi awal tahun 2022, Seksi 2 dan 3 telah beroperasi sejak 15 Desember 2022 l.

 

Beroperasinya Seksi 2 dan 3 ini sekaligus menghubungkan Seksi 1 Cileunyi - Pamulihan. 

 

Jalan Tol Cisumdawu sejak awal 2022 lalu telah beroperasi dari Cileunyi - Pamulihan - Sumedang - Cimalaka. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: