Kalau Tol Betung-Jambi Rampung, Orang Palembang Bisa ke Singapura Sehari Sampai Tidak Perlu Naik Pesawat

Kalau Tol Betung-Jambi Rampung, Orang Palembang Bisa ke Singapura Sehari Sampai Tidak Perlu Naik Pesawat

Penyelesaian konstruksi salah satu Seksi dari ruas Tol Kayu Agung - Palembang - Betung (Kapalbetung) sepanjang 69,19 Km. Foto : bpjt--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Jika tol Betung - Jambi tersambung, bukan tak mungkin orang Palembang bisa ke Singapura tak perlu naik pesawat lagi.

Terlebih jika perginya rame-rame, tentu akan bisa lebih hemat dan seru naik jalan tol trans Sumatera, lanjut naik kapal via Kuala Tungkal Jambi menuju Singapura. 

Mungkin belum banyak yang tahu kalau Jambi punya jarak yang sangat dekat dengan negara tetangga Singapura. 

BACA JUGA:Sumber Dana Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera dari Mana ? Ternyata..

Jika melihat di peta, menarik garis lurus, Jambi dan Singapura itu di peta hanya berjarak sekitar 329 kilometer. 

Kita coba susun itinerary, panduan perjalanan dari Palembang jalan-jalan ke Singapura naik tol Betung - Jambi. Tentu saja ini bisa dilakukan setelah Jalan tol trans Sumatera rampung tersambung sekitar tahun 2025.

Kita mulai perjalanan dari Kota Palembang,  dari sini kita bersiap menuju Jambi melalui jalan tol Palembang-Betung kemudian lanjut tol Betung - Jambi dengan total jarak sekitar 250 kilometer.

Idak Usah ngebut-ngebut, tol ini dalam desain akan banyak melewati jalur lurus, gunakan saja kecepatan rata-rata 80 kilometer per jam, maka waktu yang dibutuhkan sekitar 3,5 jam untuk sampai di Jambi dari  Palembang, termasuk istirahat.

Selamat datang di Jambi, pilih pintu exit Bukit Cinto Kenang kemudian melanjutkan perjalanan ke Kuala Tungkal. 

Kuala Tungkal adalah nama salah satu kabupaten di Provinsi Jambi. Lokasinya tidak begitu jauh dari pintu exit tol Jambi. Sekitar 125 kilometer atau 2,5 jam perjalanan.

Sampai di Kuala Tungkal langsung menuju Pelabuhan Roro. Di sini lah kita akan memulai perjalanan melalui jalur sungai untuk menuju ke Kota Batam. 

Jika ingin membawa serta mobil ke Batam, bisa naik kapal KMP dengan lama perjalanan 17 jam, namun kali ini kita memilih jalur cepat saja, hanya 6-7 jam perjalanan.

Mobil bisa dititip saja di Kuala Tungkal, tempat keluarga atau di area sekitar pelabuhan.  

Tak perlu lama-lama, perjalanan dari Kuala Tungkal ke Telaga Punggur Batam membutuhkan waktu sekitar 7 jam dengan speed ferry melalui jarak tempuh sekitar 225 Kilometer. 

Selama perjalanan kita bisa pula menikmati pemandangan menarik karena akan melewati beberapa wilayah yang ada di pinggir sungai dari Jambi hingga Kepri.

Setelah 7 jam perjalanan dan istirahat, akhirnya sampai juga di Pulau Batam. Tinggal selangkah lagi anda akan sampai ke Singapura. 

Di sinilah, Anda melanjutkan perjalanan menyebrang ke Singapura, ingat, paspor jangan sampai ketinggalan di Palembang. Saatnya naik kapal ferry sekitar 1 jam atau 2 jam termasuk proses beli tiket check in dan lain-lain.

Jika dirangkum, waktu perjalanan yang dibutuhkan dari Palembang ke Singapura adalah sebagai berikut : 

1. Tol Palembang - Jambi : 3,5 jam

2. Jambi - Kuala Tungkal: 3  jam 

3. Kuala Tungkal - Batam : 6 jam

4. Batam - Singapura : 2  jam 

 

Asumsinya, jika berangkat dari Palembang Sabtu pagi jam 03:00 maka malam minggu anda sudah sampai di Singapura. Finally, sampai juga perjalanan, Selamat datang di Singapura! 

Progres Jalan Tol Betung - Jambi

Tahun 2023 jalan tol Jambi-Betung sudah memasuki proses tender.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) wilayah IV Jambi, Christ mengatakan, perkembangan terbarunya saat ini masih menunggu pemenang tender.

"Yang jelas nanti akan diputuskan oleh Menteri PUPR,"ujarnya.

Lebih lanjut Christ mengatakan, nanti kalau sudah selesai tender pihaknya mengingatkan lagi semuanya pihak terkait pembebasan lahan kalau sudah ada pemenang tender.

Sementara beroperasinya 10 ruas jalan tol di Indonesia dengan total panjang sekitar 142 km itu dalam rangka peningkatan konektivitas. 

“Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti kawasan industri, pariwisata, bandara, dan pelabuhan akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono seperti dikutip dari pu.go.id.

BACA JUGA:514 UMKM Mengisi Kios-kios di Rest Area Tol Sumatera

Pada Februari 2022 telah dioperasikan  ruas jalan tol trans Sumatera yakni Jalan Tol Binjai - Langsa Seksi 1 Binjai – Stabat sepanjang 11,8 km dan Ruas Tol Binjai Stabat merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang akan menghubungkan Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. 

Selanjutnya pada Maret 2022 telah dioperasikan Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 2 Seulimeum – Jantho sepanjang 6,35 km.

Ruas tol ini merupakan salah satu backbone (ruas utama) Jalan Tol Trans Sumatera yang menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di Aceh. 

BACA JUGA:Takjub! Ini Penampakan Peta Tol Trans Sumatera, Pantas saja Pagi dari Medan Sore sudah Sampai di Palembang

Selanjutnya pada September 2022 telah dioperasikan Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang sepanjang 30,89 km,  

Selanjutnya pada tahun 2023 ditargetkan sepanjang 488,1 Km jalan tol beroperasi di Indonesia dan tahun 2024 sepanjang 419,99 Km km, sehingga total panjang jalan tol yang beroperasi di Indonesia sejak tahun 1978 hingga tahun 2024 yakni sepanjang 3531,5 Km. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: