>

Tahun 2022, 10 Jalan Tol Beroperasi Salah Satunya Tol Bengkulu, Tahun 2023 Tol Jambi-Betung Tender

 Tahun 2022, 10 Jalan Tol  Beroperasi Salah Satunya Tol Bengkulu, Tahun 2023 Tol Jambi-Betung Tender

Gerbang tol-Dona PIscesika Jambi Ekspres-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Pembangunan jalan tol trans sumatera terus dikebut Kementrian PUPR bersama mitra kerja dan Badan Usaha jalan tol (BUJT).

Tercatat sepanjang tahun 2022 telah dioperasikan sebanyak 10 ruas jalan tol dengan total panjang sekitar 142 km. 

Salah satu tol yang sudah beroperasi itu adalah Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu Seksi 3 Bengkulu – Taba Penanjung sepanjang 16,725 km pada Agustus 2022.

 Nantinya, jika seluruh ruas Tol Lubuk Linggau - Curup – Bengkulu sepanjang 95,8 km tersambung, akan terintegrasi dengan Pelabuhan Baai, sehingga dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk pengembangan ekonomi daerah dan konektivitas wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu. 

Sementara memasuki tahun 2023 jalan tol Jambi-Betung sudah memasuki proses tender.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) wilayah IV Jambi, Christ mengatakan, perkembangan terbarunya saat ini masih menunggu pemenang tender.

"Yang jelas nanti akan diputuskan oleh Menteri PUPR,"ujarnya.

Lebih lanjut Christ mengatakan, nanti kalau sudah selesai tender pihaknya mengingatkan lagi semuanya pihak terkait pembebasan lahan kalau sudah ada pemenang tender.

Sementara beroperasinya 10 ruas jalan tol di Indonesia dengan total panjang sekitar 142 km itu dalam rangka peningkatan konektivitas. 

“Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti kawasan industri, pariwisata, bandara, dan pelabuhan akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono seperti dikutip dari pu.go.id.

Adapun 10 ruas tol yang beroperasi sepanjang 2022 yakni Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan Seksi 1 Cileunyi – Pamulihan sepanjang 11,4 km yang dioperasikan pada Januari 2022.

Beroperasinya ruas Tol Seksi Cileunyi - Pamulihan telah dirasakan masyarakat, khususnya warga Bandung yang hendak menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Dari Cileunyi – Pamulihan atau sebaliknya yang biasa membutuhkan sekitar 60 menit via Jalan Raya Bandung – Cirebon menjadi sekitar 15 menit. 

Pada Februari 2022 telah dioperasikan 2 ruas jalan tol yakni Jalan Tol Binjai - Langsa Seksi 1 Binjai – Stabat sepanjang 11,8 km dan Jalan Tol Manado -  Bitung ruas Danowudu – Bitung sepanjang 13,425 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: