UNJA Terima Kunjungan Tim Review Mission ADB

UNJA Terima Kunjungan Tim Review Mission ADB

UNJA Terima Kunjungan Tim Review Mission ADB--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Universitas Jambi (UNJA) menerima kunjungan tim Review Mission Proyek Advance Knowledge and Skills for Sustainable Growth – Asian Development Bank (AKSI-ADB) pada tanggal 5 dan 6 Desember 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan di seluruh lokasi pembangunan gedung baru dan laboratorium yang mendapatkan bantuan peralatan dari Proyek AKSI-ADB.

 

Sivitas akademika yang hadir menerima kunjungan tim Review Mission tersebut antara lain: Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Drs. Kamid, M.Si.; Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Ir. H. Yusrizal, M.Sc., Ph.D.; Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi, Prof. Dr. rer.nat. Rayandra Asyhar, M.Si.; Project Manager AKSI-ADB UNJA, Prof. Dr. Ir. Zulkarnain, M.Hort.Sc.; Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek AKSI-ADB, Yudhi Christiawan Samuel, S.H.;  serta dekan fakultas dan ketua lembaga di lingkungan UNJA.

 

Tim Review Mission ADB yang hadir beranggotakan Sutarum Wiryono, Senior Project Officer/Mission Leader dan Project Analyst dari kantor pusat ADB di Filipina, Maria Angelica Vivar. Tim Review Mission ADB didampingi oleh Project Manager PMU AKSI-ADB, Agus Margiwiyatno beserta staf PMU; Project Management Consultant, Jatmiko; Procurement Specialist, Sumirat Setyabudhi; dan Financial Management Specialist, Purwo Yuwono.

 

Rombongan yang tergabung dalam Review Mission melaksanakan berbagai kegiatan di Universitas Jambi selama 2 hari guna membahas progres pengadaan dan status kontrak yang sedang berlangsung (jasa konsultan, pekerjaan sipil, dan peralatan), menentukan timeline pengadaan dan rencana implementasi 2023, membahas kemajuan program akademik (pengembangan staf, COE, penelitian, curricullum review, kemitraan dengan stakeholder), menyusun rencana pencairan untuk tahun 2023, serta kunjungan lapangan dan pertemuan dengan PIU AKSI-ADB, Project Management Consultant (PMSC) dan Pelaksana Pembangunan Paket CWJ-01 (PT Wijaya Karya (Persero) Tbk).

 

Kegiatan di hari pertama diawali dengan kunjungan ke lokasi proyek pembangunan gedung baru Pascasarjana di Kampus Telanaipura, dilanjutkan kunjungan ke lokasi gedung Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan di Kampus Buluran. Selanjutnya rombongan meninjau lokasi pembangunan gedung University and Faculty Administration Center (UNIFAC) di Kampus Mendalo serta laboratorium Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan dan Fakultas Sains dan Teknologi yang menerima bantuan peralatan dari Proyek AKSI-ADB. Selain itu juga dilakukan peninjauan ke calon lokasi pembangunan gedung Paket CWJ-02 (Engineering Laboratory, Integrated Social Science Laboratory, Classroom dan Student Activity Center) dan Paket CWJ-04 (Water Treatment Plant) yang akan dimulai pada awal tahun depan.

 

Kunjungan pada hari kedua diisi dengan pertemuan dengan pimpinan universitas, Tim PIU, PMSC dan PT Wijaya Karya (PT WIKA) di Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat Mendalo. Acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, dilanjutkan dengan pemaparan kemajuan proyek secara umum oleh Project Manager AKSI-ADB, dan diikuti oleh pemaparan rinci oleh PT WIKA terkait pelaksanaan pembangunan tiga gedung di bawah Paket CWJ-01, serta pemaparan terkait dengan procurement dan financial progress oleh PPK AKSI-ADB. Secara terpisah juga dibahas kemajuan implementasi Soft Program yang terdiri atas Overseas Degree Training, Non-Degree Training, Curriculum Development, dan Pengembangan Center of Excellence (COE).

 

Rangkaian kegiatan Review Mission Proyek AKSI-ADB di Universitas Jambi berakhir pada pukul 14:00. Namun keseluruhan kegiatan Review Mission ini baru akan berakhir pada tanggal 13 Desember 2022, setelah Tim menyelesaikan kunjungan ke Universitas Riau (UNRI) di Pekanbaru dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung. Pada tanggal 13 Desember akan disusun Aide Memoire yang akan merangkum hasil dan kesimpulan dari Review Mission Proyek AKSI-ADB tahun 2022. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: