Selasa dan Rabu KTT G20 Digelar Pemimpin 17 Negara Mulai Berdatangan, Joe Biden Telah Mendarat

Selasa dan Rabu KTT G20 Digelar Pemimpin 17 Negara Mulai Berdatangan, Joe Biden Telah Mendarat

KTT G20 Indonesia 2022--

BALI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 atau yang dilaksanakan di Bali mulai sibuk. Event internasional ini mendatangkan para pemimpin negara dan organisasi negara internasional.

KTT G20 dalam jadwal akan digelar pada Selasa hingga Rabu mendatang, sementara itu para pemimpin negara-negara anggota G20 pun sudah tiba di Bali sejak hari Minggu kemarin.

Salah satu yang terlihat dari pantuan awak media di Bali adalah kehadiran pemimpin negara Amerika Joe Biden.

Sebelum kedatangan Biden, sejumlah pemimpin organisasi internasional juga telah tiba di Bali.

Mereka antara lain Executive Chairman World Economic Forum (WEF) Klaus Schwab tiba sekitar pukul 18.56 Wita dan disambut langsung oleh Gubernur Bali I Wayan Koster.

Kemudian ada pula Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov yang tiba tidak lama setelah Klaus Schwab dan disambut Menteri BUMN Erick Thohir.

Selanjutnya, Direktur Jenderal Organisasi Buruh Internasional (ILO) Gilbert F.

Houngbo dan Presiden Islamic Development Bank (ISDB) Muhammad Sulaiman Al Jasser juga tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

17 Negara Mengkonfirmasi Hadir

 

Adapun negara dan lembaga anggota G20 terdiri dari Amerika Serikat (AS), Australia, Argentina, Brasil, China, Kanada, Uni Eropa, Jerman, Perancis, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Arab Saudi, Rusia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turkiye, dan Inggris.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo yang saat ini memegang Presidency G20 juga telah tiba di Bandara Ngurah Rai pada Minggu malam.

Sejumlah menteri menyambut Kedatangan Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi di Bali langsung disambut , antara lain Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Sebelumnya Jokowi dan Iriana bertolak dari Phnom Penh, Kamboja setelah menghadiri rangkaian KTT ASEAN selama lima hari sejak 9 November 2022.

Presiden Jokowi memberikan sambutan di Bandara Ngurah Rai lalu mengatakan bahwa pelaksanaan KTT G20 sudah siap dilakukan.

Kepala Negara pun mengonfirmasi bahwa 17 pemimpin negara G20 akan hadir pada KTT yang digelar pada Selasa dan Rabu besok.

Presiden juga telah mendapatkan laporan bahwa KTT G20 sudah siap sepenuhnya.

“Ini sangat menggembirakan di tengah masa yang sangat sulit seperti sekarang ini, apalagi Presiden Joe Biden dan Presiden Xi Jinping juga akan hadir,” kata Jokowi.

“Indonesia terus memperjuangkan perdamaian dunia serta menjadi bagian dari solusi berbagai krisis dan pemulihan ekonomi,” ujarnya.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: