Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U20. Berikut Negara Peserta

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U20. Berikut Negara Peserta

Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U20 tahun 2023--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Indonesia menjadi negara yang paling beruntung mendapat kesempatan sebagai penyelenggaran Piala Dunia U20.

 

Penetapan Indonesia sebagai tuan rumah oleh FIFA tentu bukan sebuah kebetulan, tapi ini menunjukan kerseriusan kerja yang ditunjukan PSSI, Kemenpora khususnya dukungan dari Presiden Joko Widodo dan masyarakat pecinta bola Tanah Air.

 

PSSI pun terus berbenah menyiapkan gelaran Piala Dunia U20 yang berlangsung 2023 dengan sebaik mungkin setelah FIFA memberikan rekomendasi 6 stadion yang bakal digunakan dalam penyelenggaraan even bergensing di dunia itu

 

"Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 tentu berkat dukungan semua pihak. PSSI dalam konteks persiapan terus meningkatkan koordinasi dengan Kemenpora dan pihak terkait," terang Ketua PSSI Mochammad Iriawan, Minggu 25 September 2022.

 

Iwan Bule-sapaan akrab Mochammad Iriawan menambahkan PSSI menyampaikan terima kasih kepada delegasi FIFA yang sudah berada di Indonesia dalam mendukung perisapan penyelenggaraan.

 

"Terima kasih sudah memilih Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 yang sebelumnya akan dilaksanakan tahun 2021, karena pandemi, dimundurkan menjadi tahun 2023, terima kasih," ujar.

 

Sementara itu, Direktur Turnamen FIFA, Jaime Yarza mengatakan Indonesia akan menjadi negara yang akan mendapat sorotan dunia.

 

"Ini akan menjadi kompetisi FIFA pertama yang berlangsung di Indonesia, Piala Dunia U20 merupakan tonggak sejarah yang menarik dalam perjalanan sepak bola dunia khususnya Indonesia," ujar Direktur Turnamen FIFA, Jaime Yarza.

 

Panggung Bakat Terbaik

 

Bakat-bakat terbaik di sepakbola bersiap mencuri panggung seiring digelarnya Piala Dunia U-20 2023, yang menurut rencana dihelat di Indonesia.

 

Di sini pemain yang memenuhi syarat untuk berpartisipasi pada turnamen mendatang harus berusia 20 tahun atau lebih muda, lahir pada atau setelah 1 Januari 2003.

 

Meski beberapa di antaranya masih jauh dari level superstar, mereka jelas merupakan nama yang patut diwaspadai di masa depan.

 

Pemain seperti Diego Maradona, Lionel Messi, Paul Pogba hingga Sergio Aguero semuanya pernah memenangkan Bola Emas untuk kategori Pemain Terbaik di Piala Dunia U-20 sebelumnya.

 

Sedangkan Erling Haaland meraih Sepatu Emas sebagai pencetak gol terbanyak di edisi 2019.

 

Gelaran mendatang menurut rencana diselenggarakan dari 20 Mei hingga 11 Juni 2023, dan ini akan menjadi turnamen FIFA pertama yang diadakan di Tanah Air, atau Piala Dunia U-20 kedua yang dimainkan di Asia Tenggara sejak edisi 1997 di Malaysia.

 

Berapa Banyak Tim Yang Berlaga Di Piala Dunia U-20 2023?

 

Piala Dunia U-20 2023, yang sejatinya diadakan setiap dua tahun namun sempat ditunda akibat Covid-19, menampilkan 24 tim yang bersaing memperebutkan trofi bergengsi.

Indonesia sebagai tuan rumah tentu saja secara otomatis lolos.

 

Dan berikut ini 23 tiket yang didistribusikan ke seluruh dunia:

  1. Afrika (CAF): 4 negara

  2. Asia (AFC): 4 negara

  3. Eropa (UEFA): 5 negara

  4. Amerika Utara (CONCACAF): 4 negara

  5. Oceania (OFC): 2 negara

  6. Amerika Selatan (CONMEBOL): 4 negara

Nah, setiap regional akan menggelar turnamen kelompok umur yang akan menentukan negara mana saja yang lolos dari zona tertentu.

 

Nah, setiap regional akan menggelar turnamen kelompok umur yang akan menentukan negara mana saja yang lolos dari zona tertentu.

 

Dua tim yang finis teratas di setiap grup maju ke babak sistem gugur, bersama dengan empat tim peringkat ketiga dengan poin terbanyak.

 

Babak 16 besar memulai braket eliminasi tunggal hingga ke final, seperti format Piala Dunia level senior.

Ukraina adalah juara bertahan, setelah memenangkan turnamen edisi 2019 seturut kemenangan 3-1 atas Korea Selatan di final.

 

Namun Ukraina tidak bisa mempertahankan gelar mereka setelah gagal lolos ke kejuaraan UEFA U-19.

Tim Mana Saja Yang Sudah Lolos Ke Piala Dunia U-20 2023?

 

Indonesia lolos otomatis sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2023, dan sudah bergabung dengan lima tim dari Eropa, empat tim dari Amerika Utara serta dua tim dari Oceania.

 

Dalam hal ini, Amerika Utara, Eropa, dan Oceania semuanya menggelar kejuaraan kontinental pada 2022 untuk menentukan wakil konfederasi tersebut.

 

Sedangkan Amerika Selatan, Asia, dan Afrika semuanya akan menghelat turnamen mereka di awal tahun 2023. Berikut ini update negara yang sudah dipastikan ke Piala Dunia U20 di Indonesia.

 

Sedangkan Amerika Selatan, Asia, dan Afrika semuanya akan menghelat turnamen mereka di awal tahun 2023. Berikut ini update negara yang sudah dipastikan ke Piala Dunia U20 di Indonesia.

  1. Indonesia (AFC)

  2. Italia (UEFA)

  3. Prancis (UEFA)

  4. Inggris (UEFA)

  5. Israel (UEFA)

  6. Slowakia (UEFA)

  7. Amerika Serikat (CONCACAF)

  8. Honduras (CONCACAF)

  9. Republik Dominika 

  10. Guatemala (CONCACAF)

  11. Fiji (OCEANIA)

  12. Selandia Baru (OCEANIA).

(disway)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: