89 Siswa Ikuti lomba Melukis Kaligrafi, Pekan Gentala 2022 Usai

89 Siswa Ikuti lomba Melukis Kaligrafi, Pekan Gentala 2022 Usai

Peserta saat mengikuti lomba melukis kaligrafi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Melukis kaligrafi dapat meningkatkan kecintaan anak terhadap Alquran. Hal itulah yang mendasari penyelenggaraan Lomba Melukis Kaligrafi Hiasan Mushaf Alquran dalam rangka rangkaian Pekan Gentala yang berlangsung mulai dari 23 – 27 Agustus 2022. Lomba Melukis Kaligrafi dikhususkan bagi siswa SLTP /Tsanawiyah se Kota Jambi, berlangsung di Museum Gentala Arasy pada Sabtu (27/8/22), diikuti sebanyak 89 orang siswa. 

Lomba Melukis Kaligrafi kali ini untuk membina bakat anak-anak di bidang seni rupa, sehingga bisa lebih kreatif, terampil dan mandiri. Lomba Melukis Kaligrafi dapat menjadi wadah untuk mengeksplorasi seni budaya Islam yaitu kaligrafi yang kini semakin hilang seiring perkembangan zaman. 


Satker Museum Gentala Arasy, Yusmizar Khaidir menyampaikan arahan sebelum lomba--

Kepala Satuan Serja (Satker) Museum Gentala Arasy, Yusmizar Khaidir mengatakan, kegiatan Lomba Melukis Kaligrafi ini bermanfaat untuk meningkatkan ketertarikan anak-anak terhadap kebudayaan bernafaskan islam. Adapun tujuan dari perlombaan kaligrafi ini adalah untuk membangkitkan bakat terpendam yang ada dalam diri anak-anak SLTP, sehingga mereka bisa mengetahui bakat menggambar kaligrafi yang ada di dalam dirinya. “Setelah lomba ini anak-anak dapat menyalurkan bakat mereka melalui latihan rutin dan mengunjungi sanggar seni kaligrafi atau lukisan. Harapannya, anak dapat terus termotivasi untuk belajar dan mengembangkan kemampuannya,” sebutnya.

Yang dinilai dalam Lomba Melukis Kaligrafi ini yaitu tentang kebenaran kaidah tulisan, kebernaran tulisan, ornamentasi dan finising. Bagi para juara dalam kegiatan ini, panitia menyediakan hadiah berupa trophy dan uang pembinaan. “Ini lombanya dengan sistem perorangan, berbeda dari lomba-lomba yang sudah lebih dulu dilaksanakan dalam rangka Pekan Gentala dengan sistem grup,” sebut Yusmizar.

Adapun pemenangnya yaitu juara 1 diraih oleh Villa Renza Olyvia dari MTS Nurul Iman, juara 2 diraih oleh RTS. Laila Syahira dari MTS Nurul Iman, juara 3 diraih oleh Resti Saputri dari MTS Al-Jauharen. Untuk harapan 1 diraih oleh M. Al-Azrof Al-Maulidi dari MTS Putra As’ad, harapan 2 diraih oleh Syahira Qutrunnada dari MTS 2 Kota Jambi, harapan 3 diraih oleh M. Ahnaf Amnar dari MTS Putra As’ad. “Kegiatan lomba ini merupakan rangkaian kegiatan terakhir dari Pekan Gentala Tahun 2022, semoga tahun depan akan lebih meriah dan lebih banyak lagi pesertanya,” imbuh Yusmizar. (kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: