>

Semarak Lomba Kompang Kreasi di Museum Gentala Arasy

Semarak Lomba Kompang Kreasi di Museum Gentala Arasy

Semarak Lomba Kompang Kreasi di Museum Gentala Arasy--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Lomba Kompang Kreasi berlangsung meriah di Amphi Theater Museum Gentala Arasy pada Rabu, 31 Juli 2024. Kegiatan ini menjadi salah satu ajang bagi talenta muda Kota Jambi untuk menunjukkan identitas daerah mereka melalui seni dan budaya.

Dalam lomba ini sebanyak 10 grup kompangan turut ambil bagian, yang masing-masing grup terdiri dari 12 orang penabuh kompang. Penampilan mereka memukau penonton dengan kreasi dan harmonisasi musik tradisional Jambi yang khas.

Koordinator Museum Gentala Arasy, Yusmizar Khaidir, mengatakan pentingnya keberadaan kompangan dalam upacara adat, yang membuatnya begitu dikenal, digemari, dan disukai oleh berbagai kalangan, termasuk anak-anak. "Kompangan adalah bagian integral dari warisan budaya kita. Melalui lomba ini, kami berharap dapat melestarikan dan memperkenalkan budaya kompangan kepada generasi muda," ujarnya.

Lomba Kompang Kreasi ini merupakan bagian dari rangkaian acara Pekan Museum Siginjei di Gentala Arasy, yang berlangsung dari tanggal 29 Juli hingga 2 Agustus 2024. Selain lomba kompang, Pekan Museum Siginjei juga menyajikan berbagai kegiatan budaya dan edukatif lainnya yang bertujuan untuk memperkaya pengetahuan masyarakat tentang sejarah dan budaya lokal.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan semakin banyak generasi muda yang termotivasi untuk mengenal dan melestarikan budaya daerah mereka, sekaligus menjadikan Museum Gentala Arasy sebagai pusat kegiatan budaya dan edukasi di Jambi.

Kepada para juara, panitia menyediakan hadiah berupa trophy dan uang pembinaan. Adapun pemenangnya yaitu Juara 1 diraih oleh grup Ashabul Kahfi, Juara 2 diraih oleh grup Karya Mandiri, dan juara 3 diraih oleh grup Al-Faidzin. Sedangkan untuk Juara Harapan 1 diraih oleh grup Mahabrata, Juara Harapan 2 diraih oleh grup At-Taqwa dan Harapan 3 diraih oleh grup Serumpun Tuah. Selain itu ada juga tiga grup lainnya yang mendapat hadiah nominasi. (kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: