Lomba Hadrah Sebagai Media Dakwah

Lomba Hadrah Sebagai Media Dakwah

Penampilan peserta lomba hadrah--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Museum Siginjei melalui UPT Museum Gentala Arasy menggelar Lomba Musikal Hadrah di pelataran Museum Gentala Arasy Jambi Kota Seberang, pada Rabu (24/8). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Pekan Gentala yang dilaksanakan mulai dari 23 – 27 Agustus 2022 dan merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.


Tim juri menyaksikan penampilan peserta lomba--

Lomba Musikal Hadrah ini diikuti oleh 10 grup se Kota Jambi, melibatkan 10 orang dalam setiap grupnya yang membawakan sholawat saat tampil lomba. Lomba Musikal Hadrah dinilai dengan kriteria penilaian meliputi keindahan suara, power, keutuhan suara, improvisasi dan perpaduan suara. Hanya alat musik rebana saja yang dimainkan dalam hadrah ini, mengutamakan kekompakan pukulan, harmonisasi pukulan dengan lagu variasi pukulan.

 

Kepala Satuan Serja (Satker) Museum Gentala Arasy, Yusmizar Khaidir mengatakan, hadrah dapat menjadi media pengembangan bidang seni keislaman. Hadrah ini juga berfungsi sebagai media dakwah untuk mengajak masyarakat, terlebih kaum milenial untuk bershalawat kepada Baginda Nabi Muhammad SAW. “Pemuda milenial saat ini dapat lebih mencintai musik hadrah daripada musik-musik lainnya. Sebab, selain kita bisa menambah kecintaan terhadap seni keislaman, juga dapat menambah kecintaan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW,” ujarnya.

 

Lomba hadrah ini berlangsung meriah, masing-masing grup menyuguhkan penampilan terbaiknya. Harapannya melalui lomba Hadrah ini dapat menciptakan grup-grup hadrah terbaik di wilayah Kota Jambi. “Kita pilih juara 1-3, harapan 1-3 dan nominasi,” lanjut Yusmizar.

 

Adapun pemenangnya yaitu juara 1 diraih oleh Grup Jauhari Wathon, juara 2 diraih oleh Grup Sa’datul mutawin, dan juara 3 diraih oleh Grup Syababus Salam. Untuk harapan 1 diraih oleh Grup Syubanul Mubin, harapan 2 diraih oleh Grup Sa’adatudarein, dan harapan 3 diraih oleh Grup Darul Muhtadin. (kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: