UIN SUTHA Gelar Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar Golongan Penggalang (KMD-G)

 UIN SUTHA Gelar Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar Golongan Penggalang (KMD-G)

Foto Bersama Pembukaan KMD-G --

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Gerakan Pramuka Gugus Depan 02.581/02.582 Pangkalan UIN Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi menyelenggarakan kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar Golongan Penggalangan (KMD-G) Tahun 2022, Jum’at – Rabu (29/7 – 3/8) di Bumi Perkemahan Raudhah At-Thalabah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Peserta pada kegiatan KMD-G tahun 2022 ini diikuti oleh para peserta anggota penegak dewasa yang berumur 20 tahun mahasiswa UIN dan didominasi oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN SUTHA Jambi.

Pembukaan dihadiri Kwarda Jambi yang diwakili Kak Syahroni dan pihak Kwarcab Kabupaten Muaro Jambi, Kak Martunus Kamal. Kegiatan ini secara resmi dibuka langsung oleh Dr. Bahrul Ulum, M.A selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN SUTHA Jambi, Dr. Bahrul Ulum,MA sekaligus Kakak Pembina Gerakan Pramuka Racana Pangkalan UIN SUTHA Jambi dengan dampingi oleh para Wakil Dekan III di lingkungan UIN SUTHA Jambi, para kakak Pembina serta para pimpinan organisasi mahasiswa UKK/UKM internal kampus

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN SUTHA Jambi, Dr. Bahrul Ulum,MA, mengatakan ini adalah kegiatan rutin dilakukan oleh Gerakan Pramuka di UIN setiap tahunnya dan ditahun ini sangat spesial karena bisa melaksanakan secara langsung (luring) tanpa melalui online.

 “Jika kita ingin menjadi bermanfaat sebagai sesama manusia, tidak hanya dengan ilmu tetapi juga dengan skill atau keterampilan. Kursus ini merupakan salah satu alat untuk agar kehadiran kita bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Selain itu beliau juga mengatakan kepada para peserta yang mengikuti kegiatan ini, maka harus kita pastikan bahwa mereak harus lebih terampil, mahir, berwawasan, berpengetahuan setelahnya”, jelas Dr. Bahrul Ulum,MA. 

Pembinaan ini diharapkan mampu menghasilkan pengalaman yang luar biasa bagi peserta. Apapun pesan-pesan pendidikan dan pengajaran untuk dapat diikuti dengan baik, karena selain ilmu yang kita dapatkan bukan hanya dari membaca, tapi juga pengalaman. Percayalah bahwa Pramuka ini, merupakan organisasi yang paling jelas dalam berproses, baik itu proses pergantiannya, proses pengkaderannya, pelaksanaan kegiatannya.

Maka dengan inilah peserta dapat menjadi penerus dari kakak-kakak senior yang hari ini menjadi pembina, membuat kita menjadi lebih percaya diri, karena syarat untuk percaya diri, adalah memiliki banyak kemampuan. Selain ijazah, pastikan adik-adik memiliki kemampuan untuk mendampingi hal tersebut. Apa yang kita dapatkan di organisasi untuk memperkuat posisi kita di masyarakat. Semakin banyak pengalaman itu akan memperkaya diri kita dan siap serta lebih paripurna menghadapi kehidupan. (uci/*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: