Pusat Kajian KSDH menghadiri Lokakarya UI GreenMetric World University Rankings di Yogyakarta

Pusat Kajian KSDH menghadiri Lokakarya UI GreenMetric World University Rankings di Yogyakarta

Pusat Kajian KSDH menghadiri Lokakarya UI GreenMetric World University Rankings di Yogyakarta--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Pusat Kajian Konservasi dan Sumber Daya Hayati menghadiri undangan dari Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) dalam acara Lokakarya Nasional UI GreenMetric World University Rankings di UII, Yogyakarta. Pusat Kajian KSDH mengutus Bayu Kurniawan, S.Si., M.Sc selaku Ketua Pusat KSDH untuk mengikuti agenda rutinitas dari UI GreenMetric World University Rankings. Lokakarya Nasional ini merupakan kerjasama antara Universitas Islam Indonesia (UII) dengan UI Green Metric World University Rangkings dengan peserta member UI GreenMetric World University Rankings Network se-Indonesia dengan tema Lokakarya Infrastruktur dan Lingkungan Kampus “Kampus Hijau sebagai Implementasi Lingkungan Berkelanjutan”.

Lokakarya Nasional dilakukan pada tanggal 27-28 Juli 2022, Gedung Kuliah Umum (GKU) Prof.Dr.dr. Sardjito, M.P.H., Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia Jalan Kaliurang Km 14,5 Sleman, Yogyakarta dilaksanakan secara luring terbatas dengan kuota maksimal 75 peserta.

Pada hari pertama, Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Rektor Universitas Islam Indonesia (Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D) dan dalam sambutannya Rektor UII menyampaikan bahwa kampus hijau ini memiliki arti yang luas, kata hijau ini berarti sesuatu yang berkelanjutan sebagai budaya bersama untuk perubahan. Setiap perguruan tinggi punya peluang untuk melakukan perubahan masing-masing dan dengan pendekatan budaya serta perlu diadaptasi dengan baik menyesusaikan dengan keunikan pada setiap perguruan tinggi. Kampus yang nyaman dan aman akan menjadi daya Tarik tersendiri bagi calon mahasiswa. serta kata sambutan dari Chairperson of UI GreenMetric World University Rankings (Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc) dengan Narasumber dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yaitu Universitas Islam Indonesia, Telkom University, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Indonesia pada hari pertama (27/07/2022) yaitu pemateri Dr.-Ing. Ir. Illya Fadjar Maharika, M.A., IAI dengan membawakan materi bertema “Kampus Hijau: Infrastruktur, Ruang, dan Digitalisasi, pemateri kedua yaitu Danang Adi Kresnata, S.T., dengan materi bertemakan “Penerapan Building Information Modelling pada Lingkungan Kampus. Pemateri ketiga yaitu Aris Hartama, S.T., M.T., dengan materi bertemakan Implementasi Zero Waste di Lingkungan Kampus. Pemateri keempat yaitu Prof. Dr. Ir. Amin Retnoningsih, M.Si., dengan materi bertemakan Implementasi Konservasi Flora sebagai Strategi Penguatan Peran Kampus Hijau untuk Mewujudkan Lingkungan Kampus yang Nyaman, Indah, dan Sehat. Pemateri kelima yaitu Ir. Tony Kunto Wibisono, M.T., GP., dengan materi bertemakan Penerapan Fitur Bangunan Hijau pada Bangunan gedung di UII.

Kehadiran UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi pada agenda ini yaitu sebagai anggota/member dari UI GreenMetric World University Rankings sejak 2020 hingga saat ini. Partisipasi UIN STS Jambi juga merupakan langkah yang strategis untuk membangun kolaborasi bersama lintas perguruan tinggi pada bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk mendukung Perankingan Dunia. Menurut Bayu Kurniawan, S.Si., M.Sc selaku peserta lokakarya Nasioan UI GreenMetric dari pemaparan pemateri dihari pertama ini sangat menarik mengingat semua perguruan tinggi berlomba dalam mewujudkan kampus yang ramah lingkungan tentu saja ini menjadi peluang dan tantangan sendiri. Berbagai indicator pada perankingan UI GreenMetric World University Rankings ini juga memasukkan unsur Green Building, Kampus Ramah Lingkungan terutama bagi penyandang Disabilitas. Dari kegiatan pada hari pertama ini kita bisa melihat dan mencontoh praktik baik dalam pengelolaan Green Campus yang Ramah Lingkungan sebagai bentuk Pencapaian Program Sustainable Development Goals.

Pada hari kedua (28/7/2022) Lokakarya Nasional dibuka oleh Sekretaris Eksekutif Universitas Islam Indonesia (Dr. Raden Bagus Fajriya Hakim, S.Si., M.Si.) menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 telah mengubah proses bisnis universitas dan justru menjadi bisnis yang ramah lingkungan, pandemi ini juga memunculkan gaya hidup sehat yang baru yaitu dengan adanya aktivitas bersepeda yang merupakan praktik baik untuk mengurangi emisi karbon. Sambutan wakil ketua UI GreenMetric World University Ranking (Dr. Junaidi, S.S., MA) secara online menyampaikan bahwa perankingan UI GreenMetric bukan hanya pemeringkatan untuk mengejar angka tapi kegiatan untuk meningkatkan kesadaran mengenai lingkungan yang berkelanjutan. 

Agenda pada hari kedua (28/07/2022) merupakan agenda FGD (Focus Group Disccussion) dengan Topik 1: Berbagi praktik baik perencanaan, pengelolaan, dan digitalisasi infrastruktur kampus, Topik 2: Berbagi praktik baik implementasi visi Bangunan Hijau, dan Presentasi Hasil Diskusi, Kesimpulan, dan Komitmen Pengembangan Kampus Berkelanjutan (Khusus TILIK) oleh masing-masing perwakilan oleh peserta Perguruan Tinggi yang hadir.

FGD Praktik baik pengelolaan infrastruktur dengan penyajian materi dari Rektor UIN Raden Intan Lampung (Prof. Wan Jamaluddin Z., M.Ag., Ph.D) dengan sharing praktik baik pengembangan Green Campus di UIN Raden Intan Lampung.

Agenda kegiatan Lokakarya Nasional UI GreenMetric World University Rankings (TILIK) pada tahun 2023 akan dilaksanakan di  Universitas Wiraraja, Sumenep Madura.

Kegiatan Lokakarya  Nasional diikuti oleh berbagai perserta dari perguruan tinggi di Indonesia, diantaranya dari :

1. Universitas Indonesia

2. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

3. Universitas Gadjah Mada

4. Universitas Islam Indonesia

5. Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: