Baim Wong Resmi Keluarkan Citayam Fashion Week dari Agenda Perusahaannya

Baim Wong Resmi Keluarkan Citayam Fashion Week dari Agenda Perusahaannya

Istri Baim Wong, Paula Verhoeven foto dengan Bonge icon Citayem Fashion Week. (Foto Jambi Ekspres hasil tangkap layar IG Paula_Verhoeven)--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Heboh dunia sosmed beberapa hari belakang membuat Baim Wong tak nyaman juga. Selasa, 26 Juli 2022 ia dan istri resmi mencabut Citayem Fashion Week dalam rencana besar perusahaannya.

"Sekarang saya mau melepas tinggal tanda tangan. Saya mau ini jadi saksi ya supaya tidak ada Citayam Fashion Week di Tiger Wong Entertainment," kata Baim Wong dalam konferensi pers di kawasan Tanah Kusir, Jakarta Selatan pada Selasa, 26 Juli 2022.

Artinya, Baim Wong juga membatalkan pengajuannya di Kemenkumham terkait rencana hak cipta atas Citayam Fashion Week yang telah ia daftarkan.

Dalam momen ini terlihat Baim Wong juga terlihat meneteskan air mata, tak bisa diartikan, apakah lega karena ia lepas dari hujatan publik yang tak sependapat dengannya, atau meneteskan air mata karena sedih atas keputusannya. 

Baim Wong memang jadi pusat perhatian publik dalam beberapa hari belakangan. Pergerakannya mendaftarkan Citayam Fashion Week ke Kemenkumham banyak ditanggapi. Ada yang positif dan adapula yang menganggap Baim terlalu lancang. 

Bahkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ikut menanggapi langkah Baim ini. Ridwan dalam akun Instagramnya menulis : 

Dear Baim Wong dkk,

Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial. Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuhkembangnya harus natural dan organik pula.

Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda.

Biarkan ini jadi cerita, bahwa fashion jalanan tetap adanya di jalanan. Bukan di sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional.

Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture.

Ada kalanya mereka hanya butuh ruang ekspresi. Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Tidak perlu pula individu2 di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur.

Jikapun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan anda.

Anda dan istri sudah hebat punya kerja2 luar biasa. Lanjutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini.

Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya.

Hatur Nuhun.

Seperti kita ketahui, viral di sosial media Citayem Fashion Week didaftarkan Baim melalui perusahaannya, Tiger Wong Entertainment ke kemenkumham.  Menanggapi reaksi netizen, Baim Wong mengeklaim, apa yang dia lakukan untuk Indonesia. 

Niatnya ingin Citayam Fashion Week jadi ajang yang legal. "Citayam Itu bukan milik saya. Ini milik Indonesia," lanjut Baim. Katanya ia  hanya bagian dari orang yang punya visi untuk menjadikan Citayem Fashion Week sebagai ajang yang mempunyai wadah tidak musiman dan legal, begitu kata Baim dikutip dari akun Instagram pribadinya, Senin, 25 Juli 2022.

Baim juga melihat istrinya Paula juga cukup memahami dunia fashion, jadi ia ingin Citayam Fashion Week bisa dikelola dengan lebih profesional. Paula sendiri kata Baim memandang Citayam Fashion Week ini adalah gerakan dimana orang sudah mempedulikan fashion. dan ternyata di Indonesia, fashion ga harus mahal dan mereka bangga memakainya. kebanggan, ujar Baim.

"Itu adalah achivement, dan itu harus dibudidayakan. Dengan apa? Orang-orang seperti kita yang harus membantu mereka," katanya lagi. 

Dia mengaku tidak mencari keuntungan. Tapi visi dari Citayam Fashion Week itu dan manfaatnya untuk orang banyak.

"Dan sejauh apa kita percaya dengan tujuan itu  Apa manfaatnya ini untuk orang banyak? Terlalu banyak resiko, karena membuat sesuatu menjadi besar pasti memerlukan biaya," lanjutnya

Baim Wong menegaskan sudah sesuai jalur dalam mendaftarkan Citayam Fashion Week ke HAKI. 

Ia tak langsung serta merta melakukan itu tanpa bertemu Bonge, Roy, dan Jeje yang mem-booming-kan sebuah 'budaya' tersebut.

"Alhamdulilah semua kejadian ini track recordnya ada.. Kapan saya pertama kali hubungi Bonge . Kapan saya mendaftarkan HAKI. Kapan saya berbicara dengan semua org yg berhubungan dengan Citayam Fashion Week." lanjutnya lagi.

Sementara itu, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM (DJKI Kemenkumham) mengonfirmasi perusahaan Baim Wong, PT Tiger Wong Entertainment, mendaftarkan Citayam Fashion Week jadi merek.Pendaftaran merek dilakukan oleh Indigo Aditya Nugroho.

“Benar bahwa DJKI telah menerima dua permohonan pendaftaran merek Citayam Fashion Week. Keduanya mendaftar di kelas 41 dan saat ini statusnya sedang untuk dipublikasi,” ujar Koordinator Pemeriksa Merek DJKI Kemenkumham Agung Indriyanto dalam keterangannya, dikutip Senin, 25 Juli 2022.

Berdasarkan Undang-Undang No. 20 tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis, pendaftaran merek perlu melalui beberapa tahapan mulai dari permohonan merek, pemeriksaan formalitas, pengumuman (2 bulan), pemeriksaan substantif (150 hari kerja), didaftar kemudian penerbitan sertifikat,” jelasnya. (dpc)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: