Ini Jenazah Brigadir J Saat Diautopsi. Roslin: Sedih Nian Lah Kami Nak…

Ini Jenazah Brigadir J Saat Diautopsi. Roslin: Sedih Nian Lah Kami Nak…

Foto autopsi Brigadir J. (Foto : Hasil tangkap layar Jambi Ekspres)--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Foto jenazah Brigadir Yosua Hutabarat saat diautopsi di Jakarta setelah kejadian aksi tembak menembak versi polisi, diupload di sosial media oleh keluarga. 

 

Adalah akun facebook Roslin Emika yang menulis : 

 

Sedih nian lah kami nak, 

lihat kamu dibungkus kayak ini 

tanpa ada keluarga yang mendampingi, 

autopsi  pertama di Jakarta.

Kami nyakin Tuhan akan menolong dan bertindak.

Kami harus kuat jadi kami harus minum suplemen 

biar bisa melihat hasil autopsi yg kedua

 

Upload ini ditanggapi dengan 158 komentar dan direaksi oleh 452 orang. 

 

Sebelumnya, Nelson Simanjuntak, kuasa hukum keluarga alm Brigadir Yosua Nopyansah Hutabarat alias Brigadir J, mengatakan jenazah Brigadir J diterima keluarga pada Sabtu Sabtu (10/7), sekitar pukul 17:00 dan sudah diautopsi sebelumnya.

 

Saat itu, peti jenazah ikut menyertakan satu bukti penting terkait kasus Brigadir J, yaitu surat sertifikat kosong. 

 

Saat keluarga menerima peti jenazah di rumah duka, tepatnya di Sungai Bahar Muaro Jambi, keluarga juga menerima surat.

 

“Setelah dibuka ternyata isinya kosong melompong, tidak ada,“ ujar Nelson dikutip Jambi Ekspres dalam talkshow yang disiarkan Kompas TV Sabtu (23/7).

 

Kata Nelson, di surat yang diserahkan bersamaan dengan peti jenazah harusnya tertulis, siapa mayat ini, kenapa lebamnya, dianiaya atau bagaimana. Namun hanya ada tanda tangan dokter dan itupun usia alm Brigadir J tercatat salah.

 

“Usia salah, 28 tertulis 21,  banyak kejanggalan-kejanggalan yang ditemukan,“ lanjutnya lagi. Hal ini ikut menjadi salah satu point  yang membuat keluarga menghendaki autopsi ulang, disamping alasan lainnya.

 

BACA JUGA:Yang Tak Bekepentingan Dilarang Mendekat, 380 Personil Siap Mengamankan Autopsi Jenazah Brigadir J

Sementara itu, pengamat hukum pidana, Jamin Ginting, dalam acara yang sama, mengatakan harusnya hal itu tidak terjadi jika prosedur autopsi sudah benar.

“Outopsi dilakukan atas persetujuan keluarga, kalo keluarga tahu harusnya identitas tidak akan salah, “ lanjut Jamil.

 

Terkait dengan keinginan keluarga melakukan autopsi ulang, peluang hasilnya berbeda dengan hasil autopsi pertama bisa saja terjadi.

 

BACA JUGA:Harimau Surya Terpantau di Kawasan Renah Kayu Embun, Muncul Juga Harimau Lain di Sini...

 

“Hasil yang benar adalah ketika itu dilakukan mengikuti tata cara prosedur autopsi yang benar. Hasil bisa saja beda tapi tata cara harus diikuti, “ lanjutnya. 

 

Lantas hasil autopsi  mana yang akan diikuti, apabila nanti terdapat hasil yang berbeda pada kasus Brigadir J? “ Hasil autopsi yang dilakukan sesuai prosedur, “ tegas Jamin.  

 

Mendengar beberapa penjelasan kuasa hukum keluarga alm,  terkait surat kosong, pencatatan usia yang salah, kata Jamin dikhawatirkan autopsi tersebut tidak mengikuti standar prosedur yang  benar. “Makanya diperlukan sesuatu yang benar, “ lanjutnya lagi. 

 

BACA JUGA:1500 Dapur Belum Ngalir Gasnya, 13.000 Jaringan City Gas Sudah Terpasang di Kota Jambi

 

Tak hanya autopsi ulang, rekonstruksi ulang juga bisa terjadi. Alasannya beragam. Pertama kata Jamin,  karena setelah dilakukan rekontruksi ternyata tidak komprehensif, masih ada beberapa bagian rekontruksi yg dinyatakan kurang sehingga perlu adanya penambahan atas kekurangan rekonstruksi pertama.

 

Kedua karena ada laporan dari  orang yang dianggap pelaku tapi merasa sebagai korban, sehingga perlu melengkapi informasi yang diterima dalam rekontruksi ulang.

 

Hasilnya nanti akan jadi dasar kuat, terkait kapan waktu terjadi tindak pidana dan tempat terjadi tindakan pidana dan bagaimana pidana itu dilakukan, tambah Jamin lagi.(dpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: