Yang Tak Bekepentingan Dilarang Mendekat, 380 Personil Siap Mengamankan Autopsi Jenazah Brigadir J

Yang Tak Bekepentingan Dilarang Mendekat, 380 Personil Siap Mengamankan Autopsi Jenazah Brigadir J

Apel persiapan pengamanan proses autopsi ulang Brigadir J hari Rabu (27/7) di halaman Mapolda Jambi Senin (25/7). Foto : Rio/JambiEkspres--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Karo Ops Polda Jambi Kombes Pol Feri Handoko Soenarso mengatakan, akan diturunkan 358 personel untuk mengamankan proses autopsi ulang jenazah Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J, di Kecamatan Sungai Bahar Muaro Jambi Rabu (27/7).

"Sebagian harus sudah di lokasi dan ada sebagian melaksanakan apel pagi di jajaran Polres," tambah Karo Ops.

 

Pihak Kepolisian katanya akan mengamankan sejumlah tempat seperti di rumah duka, pemakaman, rumah sakit dan tempat lain yang perlu diamankan.

 

"Intinya kita mengamankan, memfasilitasi kegiatan dari penyidik Bareskrim Polri maupun kegiatan dari forensik kedokteran supaya berjalan lancar dan aman," tuturnya.

 

Lebih lanjut, Feri menambahkan, pihaknya akan membatasi segala hal yang tidak berkepentingan.

 

"Yang tidak berkepentingan nanti kita batasi, kalau tidak dibatasi takutnya mengganggu karena kita mau secepatnya selesai," tandasnya. 

 

Diketahui, autopsi ulang jenazah Brigadir J akan dilakukan pada Rabu (27/7 di RSUD Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi.

 

"Sementara ini kita turunkan 358 orang ya, itu gabungan dari Polda Jambi dan Polres Muaro Jambi," ujarnya.Apel akan dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB pagi.

 

Kapolda Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo pada Minggu (24/7) juga telah mengecek kesiapan di Sungai Bahar 

"Tadi saya sudah bertemu langsung dengan Kepala Rumah Sakit Daerah Sungai Bahar dan mengecek seluruh lokasi dan persiapan ruangan, semua sudah tersedia dengan baik," ujar Kapolda.

Ia juga memastikan seluruh persiapan keamanan juga sudah berjalan.

"Personel pengamanan akan segera dipersiapkan. Lokasi-lokasi untuk rekan media juga telah kita persiapkan agar tidak menghalangi seluruh proses yang berjalan," jelasnya.

Kuasa Hukum keluarga mendiang Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak melalui pesan Whatsapp, Minggu (24/7) memastikan autopsi ulang jenazah Brigadir J akan dilakukan pada hari Rabu (27/7) mendatang.

"Benar. Autopsi ulang akan dilakukan pukul 10.00 WIB pagi," ungkapnya.

Terkait lokasi dilaksanakan autopsi ulang, kata Kamaruddin akan dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Bahar.

Sejumlah persiapan juga telah dilakukan menjelang autopsi ulang, "Seperti tempat autopsi, tukang gali kubur, Dokter Forensik, Pendeta, baju  dan lainnya", tutupnya.

Sementara ITU, Direktur RSUD Sungai Bahar  Dr. Aang Hambali kepada Jambi Ekspres mengatakan, pihaknya telah didatangi utusan tim forensik Polri pada Jumat (22/7).

Mereka datang untuk memastikan kesiapan RSUD Sungai Bahar “Tadi dokter forensik melihat kesiapan alat jika sewaktu-waktu diminta,” kata Dr Aang.

Kedatangan dokter forensik Polri ini didampingi langsung oleh pihak Polres Muaro Jambi dan Polda Jambi. (rio)





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: