Korea Utara Tunjuk Perempuan Pertama jadi Menlu

Korea Utara Tunjuk Perempuan Pertama jadi Menlu

Choe Son-hui ditunjuk sebagai Menlu Korut saat rapat partai berkuasa setempat, Sabtu (11/6)-Foto: https://en.wikipedia.org-

KORUT, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Pemerintah Korea Utara menunjuk seorang perempuan pertama menjadi mentri luar negeri bernama Choe Son-hui. Demikian dikutip dari media Korut, Sabtu (11/6).

 

Choe Son-hui sebenarnya bukan orang baru di pemerintahan Korea Utara, ia adalah diplomat senior yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Mentri Luar Negeri Korut, saat itu Menlu Korut adalah Ri Son-gwon.  Choe terpilih jadi seorang mentri saat rapat partai berkuasa Partai Buruh Korea (WPK) Sabtu (11/6)

 

Prestasi Choe sebenarnya sudah tercatat harum di lingkungan pemerintahan Korut. Choe pernah dipercaya Kim Jong Un mendampingi dirinya saat pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat saat itu, Donald Trump untuk membicarakan masalah nuklir di Korut.

 

Choe juga sangat fasih berbahasa Inggris. Usai pertemuan yang konon hasilnya dinyatakan gagal oleh pihak Korut itu, Choe menjawab pertanyaan wartawan dengan lugas dan tegas dan menyalahkan Amerika Serikat karena telah melewatkan kesempatan emas menolak proposal mereka. (dpc)

 

Sumber: