Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik, Bakesbangpol Provinsi Jambi Dorong Kaum Perempuan Melek Politik

Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik, Bakesbangpol Provinsi Jambi Dorong Kaum Perempuan Melek Politik

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jambi, H. Mukti., SE., ME. --

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Sesuai kebijakan Pemerintah tentang affirmative action khususnya terkait dengan keterwakilan perempuan sebesar 30 persen dalam kepengurusan partai politik. Untuk itu Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bankesbangpol) Provinsi Jambi, Selasa (31/5) menggelar sosialisasi pendidikan politik tahun 2022, mengangkat tema etika dan budaya politik di era media sosial digital dan peran serta gender dalam pendidikan politik menyongsong pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

Kepala Bidang Partisipasi Politik, Drs. Suwardi, Dpt. 

"Sosialisasi ini sangat strategis dalam upaya meningkatkan kompetensi masyarakat termasuk kaum perempuan terutama menjelang Pesta Demokrasi Pemilih Umum tahun 2024. Untuk itu perlu adanya pemahaman yang sama terhadap Undang - undang Politik terutama UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum," jelas Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jambi, H. Mukti., SE., ME. 

Suasana diskusi, kiri Anggota Komisioner Bawaslu Prov. Jambi, Rofiqoh Pebrianti, SP, Ketua Komisi 1 DPRD Prov. Jambi, H. Hapis Hasbiallah, SE dan Ketua Forhati Prov. Jambi, Pit Arzuna, S.Ag, MM.

Dengan pendidikan politik diharapkan dapat meningkatkan budaya dan etika politik sehingga akan menghasilkan Demokrasi yang baik untuk bangsa Indonesia nantinya.

Pendidikan politik bagi perempuan juga sangat penting dilaksanakan, guna mendorong kaum perempuan untuk lebih berperan dalam pengambilan keputusan baik itu pada level eksekutif maupun legislatif. 

Badan Kesbangpol menggelar sosialisasi pendidikan politik bagi perempuan

"Peningkatan pemberdayaan politik perempuan sejalan dengan arah kebijakan pembangunan nasional dimana selain peningkatan kualitas hidup, kaum perempuan juga harus meningkatkan partisipasi dan kesadaran untuk berperan lebih pada dunia politik. Pastinya kaum perempuan harus melek politik," kata H. Mukti, SE, ME, saat membuka kegiatan. 

Foto bersama

Sosialisasi pendidikan politik ini diikuti 50 peserta yang terdiri dari perwakilan beberapa Organisasi Perempuan di lingkup Provinsi Jambi. Bahkan untuk memberikan pemahaman yang baik kepada peserta, Bakesbangpol provinsi jambi menghadirkan narasumber yang berkompeten, antara lain 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: