Mahasiswa Unja Raih Juara 1 Panning Pada Mining Competition Minespace V

Mahasiswa Unja Raih Juara 1 Panning Pada Mining Competition Minespace V

--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Mahasiwa Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Sains Teknologi (FST) Unja meraih dua kategori juara dalam kegiatan Mining Competition Minespace V. Yaitu perlombaan nasional antar Program Studi Teknik Pertambangan seluruh Indonesia yang diselenggarkan oleh Departemen Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik Universitas Hasannudin dan diikuti oleh 6 perguruan tinggi yang ada di Indonesia pada tanggal 13 - 16 Mei 2022, di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Hasannudin, Makassar

Perlombaan ini diikuti oleh 6 orang mahasiswa perwakilan Prodi Teknik Pertambangan FST Unja yang tergabung dalam tim Pionero, yaitu Afwan Assidiqi, Tendry Andre Novandra, Arafi Satria Nugraha, Ozi Nurma Azan, Valentino Rossi, dan Salman Alparisi. Mereka mampu meraih torehan juara di dua kategori, yaitu juara 1 Panning dan juara 3 Rock Id serta menjadikan UNJA sebagai juara 3 umum. Hadiah dari juara tersbut berupa trofi, sertifikat, dan uang tunai senilai Rp. 5.000.000.

Afwan Assidiqi selaku manajer tim mengungkapkan bahwa ia dan timnya mengikuti perlombaan ini karena ingin menguji kemampuan yang telah didapatkan di kampus dan mencari pengalaman serta pembelajaran. “Lomba ini kami ikuti karena ingin menguji kemampuan yang telah didapatkan di kampus dengan prodi teknik pertambangan seluruh Indonesia, dan dijadikan pengalaman dan pembelajaran kedepannya agar Teknik Pertambangan UNJA lebih baik kedepannya,” ujar Afwan.

Afwan menyampaikan bahwa mereka melakukan beberapa persiapan sebelum mengikuti perlombaan dan menegaskan bahwa ia dan timnya sangat senang dengan gelar juara yang diraih dan berharap UNJA bisa menjadi tuan rumah selanjutnya. “Alhamdulillah sangat senang sekali karena untuk pertama kalinya Teknik Pertambangan UNJA mengikuti lomba skala nasional di luar regional Pulau Sumatera dan langsung mendapatkan juara umum 3. Harapan kedepannya setelah lomba ini UNJA dapat menjadi tuan rumah lomba Mining Competition nasional dan besar harapan untuk kedepannya tim Pionero terus menuai prestasi skala nasional,” Afwan mengakhiri.

Ketua Program Studi Teknik Pertambangan FST UNJA, bapak Wahyudi Zahar, S.T., M.T., menyampaikan dukungan dan pesannya untuk tim Pionero serta mengungkapkan harapan untuk kedepannya. “Harapan kami pada kegiatan perlombaan selanjutnya, mahasiswa prodi teknik pertambangan, khususnya tim Pionero bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal, tentunya dengan didukung oleh Prodi, Jurusan, Fakultas dan Universitas dalam pendanaan kegiatan perlombaan. Karena terkadang kendala internal yang kami dapati adalah biaya yang cukup besar untuk mengikuti kegiatan perlombaan yang dilakukan oleh tim Pionero. Tahun depan, 2023, inshaAllah Prodi Teknik Pertambangan UNJA akan mencoba melaksanakan perlombaan serupa yang pernah diikuti di universitas-universitas lain, tetapi perlu adanya dukungan perlengkapan maupun anggaran kegiatan untuk melaksanakan kegiatan skala nasional yang rutin dilakukan setiap tahunnya,” imbuhnya. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: