BLK Tanjabtim Seleksi Peserta Pelatihan Gelombang II

BLK Tanjabtim Seleksi Peserta Pelatihan Gelombang II

Puluhan peserta saat mengikuti seleksi di BLK Tanjabtim--

MUARASABAK, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Tanjabtim, melakukan seleksi calon peserta, Rabu (18/5) kemarin. Sebanyak Lima paket pelatihan yang dibuka pada seleksi gelombang II ini.

Adapun Lima paket pelatihan tersebut, yakni Jahit, Pengolahan Hasil Pertanian (PHP) atau pembuatan tata boga kue dan roti, otomotif sepeda motor, Program Logik Control (PLC) atau listrik serta desain grafis.

Kepala BLK Kabupaten Tanjabtim, Erwin mengatakan, pada tahap seleksi yang dilakukan ini, peserta harus mengikuti ujian tertulis, sesi wawancara dan pendaftaran online melalui link atau aplikasi Sisnaker Kementerian Ketenagakerjaan RI.

"Setelah ini untuk hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 21  - 23 Mei 2022 mendatang. Kemudian untuk jadwal pembukaan pelatihan akan menyusul diumumkan," katanya.

Dia menjelaskan, bahwa untuk masa pelatihan dari Lima paket pelatihan bervariasi, namun rata-rata pelatihan tersebut dilaksanakan selama Satu bulan. Untuk pelatihan jahit paling banyak peminatnya, sekitar 40 orang yang mendaftar.

"Pendaftar jahit ini termasuk over load, karena dalam 1 paket jahit hanya 16 orang. Sedangkan untuk jahit ada 2 paket, berarti sebanyak 32 orang yang bisa mengikuti pelatihan," jelasnya.

Selain itu, pelatihan desain grafis perdana dilaksanakan pada tahun 2022 ini. Kenapa desain grafis, karena di Kabupaten Tanjabtim masih minim jasa desain grafis. Contohnya untuk membuat undangan pernikahan masih banyak masyarakat membuatnya di Jambi.

"Jadi pelatihan desain grafis ini memiliki potensi untuk dikembangkan di Tanjabtim. Makanya saya berfikir perlu adanya pelatihan terkait desain grafis tersebut," terangnya.

Untuk diketahui, pada gelombang I ada sebanyak 3 paket pelatihan yang dibuka, yakni Salon Penata Rambut yang lulus 14 peserta, Listrik 12 peserta dan TIK 11 peserta. Ia bersyukur saat ini BLK Tanjabtim mendapat peringkat terbaik kelulusan dari BLK lainnya di Provinsi Jambi dibawah naungan Padang.(lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: