>

Air PDAM Tirta Pengabuan Tak Layak

Air PDAM Tirta Pengabuan Tak Layak

Akibat Kadar Asam Air Tinggi

KUALATUNGKAL - Akibat memiliki kandungan kadar asam pada air yang terlalu tinggi, pengolahan sumber air bersih PDAM Tirta Pengabuan Kualatungkal, tidak layak untuk diproduksi terutama bagi para konsumennya. Bahkan hasil pemeriksaan laboratorium ditemukan rendahnya PH air yang hanya mencapai 3 PH sementara standar untuk layak produksi minimal 5 PH.

            Plt Direktur PDAM Tirta Pengabuan Kualatungkal, Jahendra, mengakui berdasarkan pemeriksaan laboratorium PH air yang diproduksi masih rendah yakni tercatat 3 PH sementara untuk layak produksi standarnya 5 PH. ‘’Kami terus berupaya untuk meningkatkan PH pada air, sehingga bisa diproduksi,’’ ujarnya kemarin di kantor Bupati Tanjab Barat.

            Meski tidak layak, namun katanya, PDAM masih terus memproduksi air. Ia beralasan kalau air merupakan kebutuhan masyarakat yang tidak bisa di stop. Namun begitu pihaknya akan terus meningkatkan PH air, sehingga layak untuk di produksi.

            Dengan kondisi ini, apakah akan membahayakan bagi kesehatan warga Tungkal? Jahendra terkesan enggan menjawabnya. ‘’Yang jelas bahan soda as yang kami masukkan ada takarannya, sehingga tidak berbahaya,’’ paparnya.

            Dikatakannya, dalam kondisi pancaroba saat ini, dan curah hujan tinggi serta air pasang besar, memang menjadi kendala dalam pengolahan air. ‘’Bahkan air terlihat berwarna,’’ tandasnya.

(ydn/imm/jenn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: