>

Tak Serentak, Tes CPNS 8 September

Tak Serentak, Tes CPNS 8 September

Pemprov Jambi dan Merangin Tidak Melaksanakan Tes

JAMBI - Tes CPNS 2014 akan dimulai pada 8 September mendatang. Tes ini diperkirakan berlangsung sekitar sebulan, mengingat pelaksanaan seleksi kali ini tidak serentak.

\"Karena seleksinya bertahap, jadwal seleksinya bisa sebulanan,\" kata Karo Hukum, Komunikasi Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Herman Suryatman di kantornya, Jakarta, Selasa (5/8).

Dia menambahkan, instansi yang lebih dulu diadakan tes terutama telah siap infrastrukturnya. Selain itu instansinya sudah mendapatkan penetapan rincian formasi.

\"Yang sudah lengkap kan 34 instansi pusat dan daerah ya, jadi kemungkinan mereka duluan yang dites,\" ujarnya.

Terkait kesiapan infrastruktur di daerah, Panselnas akan menggunakan fasilitas computer assisted test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan uji kompetensi guru milik Kemendikbud.

\"Tes instansi pusat dan daerah akan berjalan paralel. Nantinya akan diawasi tim Panselnas dan panitia masing-masing instansi juga,\" tandas pria yang dikenal low profile ini.

Pelamar CPNS jangan coba-coba mendaftar di lebih satu instansi baik pusat maupun daerah. Pasalnya, dengan pendaftaran online dalam sistim satu pintu atau single entry, pelamar yang ingin melamar di lebih satu instansi akan langsung dikunci.

\"Tidak boleh melamar lebih dari satu instansi dan jangan coba-coba juga. Kalau nekat, yang rugi pelamar itu sendiri karena bisa saja namanya tidak keluar,\" kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Herman Suryatman di kantornya, Selasa (5/8).

Dia menyatakan optimis dengan sistim satu pintu, tidak akan terjadi dobel pelamar. Lantaran semua aplikasi untuk pendaftaran hanya di portal nasional : panselnas.menpan.go.id.

\"Aplikasi di portal nasional hanya akan menerima pendafataran dari satu peserta untuk satu instansi dengan tiga pilihan. Makanya sangat sulit bila ada pelamar ganda, meski namanya teknologi ada errornya juga tapi Insya Allah margin errornya kecil,\" tuturnya.

Mantan pejabat di Sumedang ini lagi-lagi mengimbau kepada calon pelamar CPNS untuk fokus pada satu pilihan saja.

 

Batanghari Baru Usulkan Formasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: