Jokowi Minta Semua Kerja

Jokowi Minta Semua Kerja

       Dari sejumlah informasi yang dihimpuan, PKB akan mendapat jatah 3 menteri. Sedangkan Nasdem dan Hanura masing-masing mendapat jatah 3 dan 2 menteri. Satu kursi kemungkinan besar akan diberikan pada PPP yang belakangan makin menunjukkan kecenderungannya bergabung ke Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

       Terkait komposisi tersebut, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh malu-malu mengungkap jatah menteri yang dipersiapkan untuk kader partainya. \"Kami standby saja, tidak offensive, wait and see saja,\" kata Paloh di komplek parlemen, kemarin.

       Kabar yang beredar, ada setidaknya tiga nama kader Nasdem yang berpeluang besar masuk kabinet. Mereka adalah Ferry Mursydan Baldan (menkominfo), Siti Nurbaya (menteri pendayagunaan aparatur negara), dan Kurtubi (menteri ESDM).

       Sementara itu, terkait waktu pengumuman kabinet, Ketua DPR Setya Novanto menyatakan, setelah momen pelantikan, pengumuman kabinet dari Jokowi-JK adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh publik. Menurut dia, sebaiknya Jokowi-JK tidak perlu mengulur-ulur waktu untuk menetapkan susunan kabinetnya. Jokowi dalam hal ini sudah memiliki waktu yang cukup untuk bisa menyusun dan mematangkan susunan kabinetnya.

       \"Kita tunggu paling lambat besok (hari ini) sudah dijelaskan kabinetnya,\" kata Novanto di gedung parlemen, Jakarta, kemarin.

       Menurut Novanto, susunan kabinet Jokowi penting bagi DPR. Ini karena, DPR masih akan menetapkan susunan anggota di 11 Komisi yang sudah diputus di paripurna lalu. Rencananya, hari ini akan digelar sidang paripurna penetapan susunan anggota dalam Komisi. \"(Susunan kabinet) untuk melihat apa yang jadi fokus dalam mitra kerja nanti di Komisi-Komisi,\" ujarnya.

       Juru Bicara DPP Partai Golkar Tantowi Yahya berharap agar kabinet bisa diumumkan sesegera mungkin. Dia menyatakan, rakyat Indonesia dan parlemen berharap banyak Jokowi bisa merealisasikan kabinet sesuai komitmen politik yang dia sampaikan. \"Saya harapkan janji-janjin yang disampaikan pak Jokowi terkait kabinet, bisa terealisasi, terutama yang sesuai dengan penyusunan fungsi anggaran,\" ujarnya.

(jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: