Siang Dilantik, Sore Kerja

Siang Dilantik, Sore Kerja

       Pada prinsipnya, Sudirman, ingin menyeleraskan program di ESDM dengan hasrat Jokowi untuk berlari kencang dalam pembangunan terutama infrastruktur. Sehingga perlu dilakukan berbagai kebijakan terobosan. \"Saya akan bertanya kepada Dirjen, keputusan apa yang tertunda dan saya akan ambil keputusan itu,\" ucapnya saat ditanya akan membuat terobosan apa dalam waktu dekat ini.

Pada hari pertama sidang kabinet, menurutnya, belum sampai detil bicara ke berbagai hal termasuk BBM bersubsidi. Termasuk juga soal pemberantasan korupsi di sektor ini. \"Pemberantasan korupsi (tugas) KPK. Tugas saya mengelola energy. Kalau dalam tugas bersinergi dengan KPK, itu kita kerjakan,\" tegasnya.

Namun Sudirman menyatakan bahwa sesegera mungkin pihaknya akan membahas kebijakan terkait BBM bersubsidi. Termasuk bagaimana membahas program-program pengurangan subsidi namun pro rakyat.

\"Yang harus dibangun itu kemauan mengerjakan hal-hal sulit tapi penting. Hilirisasi itu sulit. kadang kita pengin yang mudah toh, ketergantungan asing besar. Bangsa ini bangsa besar tapi kita mengecilkan sendiri,\" ulasnya.

Dalam hal non teknis, kata Sudirman, kementerian ini juga harus menghilangkan ego. Termasuk ego terkait struktur kementerian yang bisa saja ada di bawah kementerian koordinator maritime atau kementerian ekonomi. \"Itu hanya pembagian tugas supaya menteri koordinasi punya beban seimbang. Hilangkan ego sektoral. kerja ama bukan hanya antar kemenkoan tapi juga lintas kementerian. Nggak ada masalah asal komunikasi antar menteri terkait bisa dikerjakan,\" pikirnya.

(gen/ken/aph/owi/wan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: