JAMBI-Untuk memberantas buka aksara Alqur’an dilingkungannya, maka  SDN 1 Kota Jambi memiliki program Taman Pengajian Alqur’an (TPA). Program ini diaktifkan agar anak didiknya melek akan aksara Alqur’an.

Kepala SDN 1 Kota Jambi, Ansori, SPd, MPd mengatakan, SDN 1 memiliki TPA yang aktif setiap Kamis, Jumat dan Sabtu. TPA tersebut disediakan sebagai wadah siswa untuk mengkaji Alqur’an lebih dalam.

“Kendati demikian, TPA tidak diwajibkan bagi semua siswa. Hanya bagi mereka yang mau saja,” ujar Ansori kemarin.

Selain itu, setiap Jumat juga diadakan Gema Jumat yang diisi kegiatan keagamaan seperti yasinan bersama yang diikuti semua siswa dan juga diisi dengan penampilan siswa seperti ceramah dan shalawatan.

“Harapannya, selain mereka lebih dekat dengan Allah SWT, mereka juga memiliki wadah untuk mengasah keterampilan mereka berceramah yang jelas menuntut kepercayaan diri yang tinggi untuk tampil dihadapan khalayak ramai,” imbuh Ansori.

Diadakannya program-program keagamaan tersebut, diakui Ansori juga merupakan aplikasi dari pembinaan karakter yang menjadi penekanan khusus dalam K-13.

“Tentang bagaimana membentuk karakter siswa menjadi anak yang tidak hanya cerdas tetapi berkarakter, berakhlak mulia. Tentunya selain dengan pembinaan-pembinaan lainnya, pendekatan agama dinilai akan lebih efektif untuk menanamkan ini,” akunya.

Tak hanya siswa, untuk kalangan guru setiap sebulan sekali juga diadakan kegiatan pengajian bersama.

“Saya ingin menciptakan kondisi lingkungan yang tidak hanya dikenal sebagai sekolah favorit dan berprestasi, tetapi juga agamis,” pungkasnya.

(lia)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: