JAMBI – Memasuki bulan Suci Ramadan 1439 H tahun 2018, umat muslim di Kota Jambi berbondong-bondong mengunjungi masjid untuk mengikuti tarawih pertama, tadi malam. Pantauan Harian Pagi Jambi Ekspres, Rabu malam (16/6), sejumlah Masjid di Kota Jambi dipenuhi jamaah yang melaksakan shalat tarawih, termasuk juga di Masjid Nurdin di kasawan Sipin Kota Jambi.

 Basith, Salah satu Jamaah tarawih kepada harian ini mengatakan, Ia bersama keluarganya sudah menjadi agenda rutin menyelenggarakan shalat tarawih pertama di Masjid Nurdin. \"Setiap tahun kami Salat di sini, karena memang rumah berada di sekitar sini,\" akunya.

Ia berharap, hingga berakhirnya Ramadan, masjid-masjid selalu dipenuhi jamaah tarawih. \"Semoga sampai akhir Ramadan Masjid terus penuh,\" katanya.

Sementara di Masjid Baitul Muslim, kawasan Simpang Rimbo Kota Jambi juga disesaki jamaah pada tarawih pertama, Sugiran salah satu warga RT 09 Kelurahan Kenali Besar Kota Jambi, mengatakan, di awal Ramadan, Masjid Baitul Muslim memang selalu ramai jamaah. “Di sini memang selalu ramai,” akunya.

Ia mengharapkan, hingga akhir Ramadan nanti, semua Masjid di Kota Jambi bisa dipenuhi jamaah untuk beribadah. Bukan hanya tarawih, namun, juga tadarusan dan Salat wajib lima waktu. “Mudah-mudahan bisa selalu penuh hingga akhir Ramadan,” ujarnya. 

Rusli Adam, Kakanwil Kemenag Kota Jambi, mengatakan, memasuki bulan suci Ramadan ini semua umat harus bisa saling menjaga, terutama ketentraman dan toleransi anatara umat beragama.

“Umat muslim bisa menjalankan ibadah dengan tenang. Saling menjaga, baik muslim dan non muslim,” ujarnya.

Rusli menyebutkan, dengan bulan yang suci ini, umat muslim bisa memeperbanyak kegiatan amaliah. “Makmurkan masjid. Yang ada rizki lebih bisa berbagai pada yang kurang mampu,”  imbuhnya.

Lebih lanjut rusli mengaharapkan, untuk penggunana pengeras suara rumah ibadah harus mengikuti aturan yang ada. Menghidupkan mikropon 10 menit sebelum Shalat.

“Bagi yang tadarus, diharapkan pakai pengeras suara yang di dalam. Supaya memberi kenyaman bagi saudara kita yang hendak istirahat setelah tarawih,” pungkasnya.

(hfz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: