JAMBI- Pekerjaan yang dilandasi dengan rasa suka pada awalnya menjadi dasar seseorang untuk terus terjun ke dalamnya dengan tanpa memperdulikan seberapa berat tantangan yang harus dihadapinya.
Sebab sebuah pekerjaan biasanya tidak hanya dilakukan dalam beberapa hari ataupun bulan saja, melainkan dapat pula memakan waktu yang cukup lama bahkan sampai tahunan.
Hal yang sama berlaku pula bagi Megy K. Pattianakota, wanita kelahiran Jawa Timur yang tumbuh besar di Pulau Dewata - Bali, yang saat ini menjabat sebagai Hotel Manager Yello Hotel Jambi, yang telah menjadikan pekerjaanya sebagai jalan hidupnya. Tekadnya untuk fokus di dunia hospitality ini sudah terlihat sejak dirinya mulai duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA)

“Saat saya duduk di bangku sekolah dasar (SD), saya mempunyai mimpi besar untuk menjadi seorang perawat dimana saya dapat membantu dan melayani orang sakit yang dimata saya saat itu adalah pekerjaan yang sangat mulia. Namun seiring dengan berjalannya waktu, tepatnya saat saya masih duduk di bangku SMA, saya mulai melirik jenis pekerjaan lain yang dimana masih tetap berhubungan dengan pelayanan walaupun memiliki konsep yang berbeda, yaitu dunia hospitality. Saat itu dunia hospitality di Bali khususnya pariwisata perhotelan berkembang sangat pesat dan memberikan lapangan kerja yang cukup banyak untuk masyarakat Bali khususnya. Sehingga ketertarikan pun muncul, dimana selain konsep hospitality adalah juga memberikan pelayanan untuk para tamu, disisi lain, saya melihat bahwa dengan saya bekerja di dunia hospitality saya dapat berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai negara dan dapat melatih skill komunikasi saya dalam berbahasa Inggris, dan tentunya akan sangat menyenangkan , akhirnya selepas SMA saya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di bidang pariwisata di PPLP Dhyana Pura Bali,” ujar wanita yang suka menyantap makanan pedas ini.

Ibu Megy (sapaan akrab beliau) melihat bahwa dunia hospitality terutama hotel adalah dunia yang sangat menantang dan tidaklah sulit menjadi HOTELIER (sebutan untuk para pekerja hospitality) \" Menurut Saya pribadi, terjun ke dunia perhotelan itu tidaklah sulit , sebagai seorang individu yang harus dimiliki oleh hotelier adalah jiwa yang siap melayani, pola pikir yang terbuka dimana selalu dapat menerima keritikan, selalu terus dapat mengasah kemapuan dan yang tidak kalah pentingnya adalah \"ATTITUDE\" yaitu sikap dan prilaku kita, hal hal yang saya sebutkan tadi adalah segelintir pondasi yang sangat penting, ungkapnya.

Selepas menyelesaikan kuliah perhotelan, Beliau merintis karirnya dari bawah yaitu sebagai Casual Telephone Operator di salah satu hotel berbintang ternama di Pulau Bali . Seiring berjalannya waktu, karir beliau terus menanjak , hingga menghantarkan bungsu dari empat bersaudara ini ke kota Jambi. Dalam pencapaian ini, banyak usaha dan kerja keras yang beliau lalui, seperti sempat berpindah ke kota Semarang hingga kembali lagi ke Pulau Bali dan bergabung di beberapa hotel kenamaan di Bali, salah satunya yang terakhir adalah di HARRIS-POP Hotels & Conventions Denpasar - Bali.

Lama bekerja di Bali, tidak membuat beliau menolak tawaran menarik dari Tauzia Hotels Management untuk me-manage pre-opening property baru di Kota Jambi, yakni Yello Hotel Jambi dengan menduduki posisi sebagai Hotel Manager. “Alasannya sederhana, saya belum pernah ke Sumatra dan kota Jambi khususnya, Hotel Yello merupakan hotel TAUZIA dan Yello pertama di jambi dimana merupakan salah satu tantangan dan sekaligus daya tarik tersendiri bagi saya, sehingga mantap mengambil tawaran baik ini , ditambah lagi saya dikejutkan dengan masyarakat jambi yang sangat berkarakter, serta hotel yang unik dan kekinian , yang pokoknya gw banget” ujar beliau penuh senyum.

Dengan penuh optimis beliau menyampaikan bahwa Yello Hotel Jambi menawarkan keunikan tersendiri, spirit yang tidak hanya dapat dilihat dari konsep hotelnya saja tetapi ditambah juga dari karyawan yang sangat energic dan muda, serta memiliki standar kualitas produk dan pelayanan yang bertaraf internasional. Bu Megy, ingin membawa Yello Hotel Jambi menjadi warna baru yang tentunya dapat menjadi salah satu hotel terbaik dikelasnya di Kota Jambi khususnya. Beliau juga memiliki misi khusus yakni ingin turut berpartisipasi dalam perkembangan industri hospitality di Jambi bersama sama dengan SDM Jambi yang memiliki semangat positif dan memiliki karakter, terbukti dengan hampir 80% lebih karyawan yang dipekerjakan di Yello Hotel Jambi adalah merupakan warga Jambi.

Bu Megy juga menambahkan, selalu menekankan karyawannya untuk menjadikan pekerjaan itu sebagai ibadah. Sehingga dalam setiap kegiatan pekerjaan yang di lakukan berasal dari hati “Saya selalu menekankan pada mereka untuk selalu bekerja keras dan pantang menyerah. Dan jika ada kesulitan dan kegagalan di dalam pekerjaan kalian, jangan jadikan hal terebut suatu halangan dan dapat menyebabkan keputusasaan yang berkepanjangan melainkan menjadikan hal tersebut sebagai tantangan untuk menjadi lebih kreatif dan berinovatif yang fokusnya adalah memberikan pelayanan yang terbaik bagi tamu tamu Yello Hotel Jambi,ujarnya.

Yello hotel Jambi, di buka bertepatan di masa pandemi yaitu tepatnya di tanggal 13 Juni 2021, Keputusan yang sangat berani memang untuk membuka HOTEL baru di masa pandemi dan PPKM yang berkepanjangan saat ini , tetapi dengan support owner yaitu PT.Rajato Mitra Sentosa, Tauzia Hotels Management, Team yang sanagat solid serta strategy pemasaran yang tepat sasaran , kami yakin bahwa Yello Hotel Jambi dapat melewati masa sulit ini dan selalu siap memberikan pelayanan dan produk terbaiknya bagi tamu tamu yang datang baik untuk menginap, rapat dan event sosial lainnya.

Berdiri sejak tahun 2001, Tauzia Hotels merupakan salah satu jaringan hotel yang ada di Indonesia dan memiliki 114 hotel yang sudah beroperasi maupun yang sedang dalam tahap pembangunan. Adapun brand yang berada dibawah naungan TAUZIA Hotels adalah Label Preference - Hotel dengan konsep Boutique Hotel, HARRIS Vertu - Upscale Hotel dengan


mengusung tema “Joy of Life”, HARRIS - Midscale Hotel yang mengusung tema “Healthy Lifesyle”, YELLO - Hotel yang identik dengan netizen dan merupakan hotel ekonomis dengan konsep berbeda, POP! - Budget Hotel yang diperuntukan bagi eco-friendly travelers. Tidak hanya mengelola manajemen hotel, TAUZIA juga sebuah konsultan jasa perhotelan. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di HYPERLINK \"http://www.tauzia.com/\"www.tauzia.com dan @tauziahotels. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: