Gaji Dokter di Singapura Rp280 Juta, Perawat Rp32 Juta, Kok Ramai-ramai Mundur?

Gaji Dokter di Singapura Rp280 Juta, Perawat Rp32 Juta, Kok Ramai-ramai Mundur?

SINGAPURA-Tenaga kesehatan (nakes) di Singapura jadi sorotan publik. Padahal, gaji mereka sangat tinggi. Gaji dokter di Singapura sekitar Rp50 juta hingga Rp280 juta per bulan. Sedangkan gaji perawat di Singapura sekitar Rp21 juta hingga Rp32 juta per bulan.

Meski terbilang besar, ribuan dokter dan perawat di Singapura justru mengundurkan diri. Bukan gaji yang menjadi alasalan mereka mundur. Nakes Singapura memutuskan mundur karena kelelahan merawat pasien Covid-19.

Diktehaui, angka kasus Covid-19 di Singapura melonjak tajam beberapa hari terakhir. Dalam sehari tercatat kenaikan kasus Covid-19 di Singapura mencapai 2 ribu kasus.

“Tingkat pengunduran diri di kalangan petugas kesehatan meningkat,” kata Menteri Senior Negara Kesehatan Janil Puthucheary, Senin, 1 November 2021.

Sekitar 1.500 nakes Singapura mundur pada paruh pertama tahun ini, dibandingkan dengan 2.000 per tahun sebelum pandemi. Petugas kesehatan asing juga telah mengundurkan diri dalam jumlah yang lebih besar.

Sebagian besar dari nakes Singapura mundur karena tidak bisa ambil cuti. Beberapa nakes lainnya beralasan bahwa mereka mundur karena bekerja lebih dari 175 jam per bulan selama September. Para dokter dan perawat mengaku mengalami kelalahan fisik, mental, dan emosional.

Gaji Dokter di Singapura

Gaji dokter di Singapura telah menjadi perhatian besar bagi mahasiswa yang ingin berkarir sebagai dokter di Singapura.

Rata-rata, gaji seorang dokter medis berkisar dari $3.600 hingga $20.000 atau sekitar Rp51 juta hingga Rp280 juta per bulan.

Seperti dikutip Sewaktu.com dari idealmedhealth.com, gaji dokter di Singapura lebih tinggi dibandingkan dengan kebanyakan profesi lain.

Pengenalan Gaji Dokter di Singapura

Gaji dokter di Singapura bervariasi berdasarkan faktor yang berbeda. Setiap faktor memiliki peran dalam menentukan gaji seorang dokter.

Faktor-faktor yang menentukan besaran gaji dokter di Singapura, yakni pengalaman, spesialisasi, tempat kerja, biaya hidup, jam kerja, dan permintaan layanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: