>

Pertahankan Gelar Juara Umum di Tengah Gempuran Pandemi

Pertahankan Gelar Juara Umum di Tengah Gempuran Pandemi

JAMBI - Aura Okta Rimbi, nama ini di SMAN 7 Sarolangun mungkin sudah tak asing lagi. Ya, Aura tercatat sebagai salah satu siswi yang masih bisa mempertahankan prestasinya dalam segala keterbatasan belajar semalam pandemi. Gadis yang hobi membaca cerita fiksi, menyanyi, dan vlogging ini mengaku, ia sama dengan kebanyakan pelajar lain, kadang ada rasa jenuh dan bosan yang mendera ketika menghadapi belajar sistem daring yang diterapkan lebih dari dua tahun ini. “Namun ini harus dihadapi,” lanjutnya. Ia pun sukses menjadi juara kelas dan dua kali mendapatkan gelar Juara umum 2 di sekolahnya.

Saat ditanya apa kiat yang ia lakukan hingga bisa tetap mempertahankan prestasi dalam situasi ini? Aura menjawab “Latihan mengerjakan soal, meski di rumah, meski tak maksimal mendapat materi pelajaran ketika daring, tapi latihan mengerjakan soal-soal terus menerus, itulah yang bisa dilakukan saat ini,” lanjutnya. Latihan memang ia lakukan sendiri, namun kisi-kisi soal ia langsung minta ke guru sesuai bidang studi masing-masing.

Ia mengaku latihan mengerjakan soal sangat efektif dalam melatih kemampuan memahami pelajaran. “Saat latihan kita jadi tau apa kelemahan kita, bagian mana yang kita belum paham, kalo ngga latihan pasti ngga akan ketahuan, akhirnya kita terjebak sendiri saat hari H ujian,” lanjut Perwakilan olimpiade matematika tingkat provinsi dari SMAN 7 Sarolangun tahun 2021ini. Kalau bisa, saat ujian tiba kita sudah siap tempur, apapun kendala itu harus diketahui sebelum ujian saat latihan tadi. Katanya tak ada kiat efektif lain baginya selain mengerjakan soal-soal lebih sering. “Mungkin cara belajar masing-masing orang berbeda-beda, namun bagi saya, latihan mengerjakan soal sebanyak-banyaknya, itu adalah jalur ampuh,” jelas gadis kelahiran 01 oktober 2005 ini.

Selain berprestasi dalam bidang akademik, Aura ternyata juga punya potensi lain yaitu mahir bernyanyi. Saat waktu senggang ia suka latihan secara otodidak bersama ayah dan abangnya yang kebetulan juga jago bermain alat musik. “Saya juga bergabung dengan Smanju Band dalam kegiatan ekstrakulikuler sekolah,” lanjutnya. Bersama para senior dan temannya yang lain, melalui band ini pula Aura banyak menambah skill vokal. Dalam bidang tarik suara Aura pernah menjadi Juara 1 lomba solo song tingkat kabupaten di SMA Muhammadiyah Singkut dan Juara 3 lomba solo song tingkat kabupaten di acara Silahto Rasa. “Bagi saya, akademik dan non akademik itu harus imbang, walau sibuk belajar di sekolah, hobi bermain musik saya tetap jalan terus, karena saat nyanyi ada rasa bahagia dan senang yang saya rasakan,” lanjutnya menutup wawancara. (dpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: