Al Haris Bawa Air Istimewa Saat Kemah Gubernur Bersama Presiden di IKN, Ini Asalnya

Al Haris Bawa Air Istimewa Saat Kemah Gubernur Bersama Presiden di IKN, Ini Asalnya

JAMBI - Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan akan mengumpulkan dan berkemah dengan 34 Gubernur se- Indonesia di Ibu Kota Negara (IKN) yang diberi nama Nusantara, di Penajam Pase Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Kegiatan ini direncanakan pada 13-14 Maret mendatang di titik 0 IKN. Menariknya Presiden meminta para Gubernur membawa 1 liter air dari Provinsi masing-masing.

Adapun air yang akan dibawa Gubernur Jambi H.Al Haris bukanlah air sembarangan. Gubernur melalui Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jambi Tandry Adi Negara menjelaskan air yang akan dibawa Gubernur berasal dari air Kolam Telago Rajo.

\"Air ini diambil dalam Kompleks Candi Muaro Jambi yang usianya sama dengan berdirinya Candi Muaro Jambi. Candi Muaro Jambi diperkirakan dibangun pada abad 7-12 Masehi,\" jelas Tandry.

Kolam Telago Rajo komplek percandian muaro jambi ditemukan pada pertengahan tahun 1970-an, diperkirakan kolam telago rajo berfungsi sebagai tempat waduk control, agar air tidak menggenangi lingkungan candi dan sebagai tempat persediaan air bersih masyarakat masa lalu.

Kolam Telago Rajo terletak 100 meter sebelah tenggara Candi Gumpung. Kolam ini dikelilingi oleh gunduhan tanah yang berbentuk persegi berukuran 130 x 100 meter dan kedalamannya sekitar 2 sampai 3 meter. Lebar bidang gundukan ini mencapai 20 meter.

\"Kolam Telago Rajo dipercayai oleh penduduk sekitar berperan sebagai penampung dan pengolahan air yang menyuplai kebutuhan air bersih di kawasan Muarajambi sepanjang musim, baik musim kemarau maupun musim banjir dari daerah aliran sungai (DAS) Batanghari,\" sebut Tandry.

Selain itu, Tandry menambahkan gubernur juga akan membawa tanah dari Jambi. \"Tanah Pilih Jambi diambil dari tanah tempat berdirinya Masjid Agung Al-Falah yang dibangun pada tahun 1971 dan dalam proses pembangunannya memakan waktu kurang lebih selama 9 tahun,\" pungkasnya. (aan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: