Dua Jembatan Baru akan Membelah Sungai Batanghari : Jembatan Batanghari III dan IV

Dua Jembatan Baru akan Membelah Sungai Batanghari : Jembatan Batanghari III dan IV

Ilsutrasi jembatan yang akan membelah Sungai Batanghari Jambi-Foto: Dok Hutama Karya-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.DISWAY.ID – Jambi akan menambah dua jembatan baru yang akan membelah Sungai Batanghari yaitu Jembatan Batanghari III dan Jembatan Batanghari IV.

Kedua jembatan ini rencananya akan dibangun secara bersamaan. Gubernur Jambi Al Haris baru-baru ini mengatakan, pembangunan Jembatan Batanghari III telah masuk dalam rencana proyek strategis hingga tahun 2029.

Rencana membangun jembatan Batanghari III telah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Tahun 2025-2029.

Lanjut Al Haris, pembangunan Jembatan Batanghari III ini akan dilakukan bersamaan dengan penyambungan akses Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di Jambi nantinya.

Jembatan tol yang menyeberangi Batanghari itu akan menjadi Jembatan Batanghari IV dan jembatan yang direncanakan Gubernur Jambi ini akan jadi Jembatan Batanghari III.

Adapun biaya untuk membangun Jembatan Batanghari III ini menurut Al Haris, akan menghabiskan biaya sekitar Rp 800 Miliar hingga Rp1 Triliun.

Mengingat biaya yang besar ini, Pemprov Jambi akan mengajukan pembangunannya melalui dana APBN. Tak menutup kemungkinan juga, jembatan tersebut katanya akan diajukan menggunakan anggaran pembangunan jalan tol di Provinsi Jambi.

Tentang Jembatan Batanghari IV

Meski belum bisa dipastikan namanya adalah jembatan Batanghari IV, namun jembatan yang menyambung JTTS di Provinsi Jambi tersebut akan menjadi jembatan ke empat yang membelah Sungai Batanghari yang ada di Provinsi Jambi

Pada awalnya,  Tol Jambi ini akan menempuh dua opsi penyeberangan Sungai Batanghari, opsi pertama melalui terowongan dan opsi kedua melalui jembatan.
 
Sebagai sungai terpanjang di Sumatera, Sungai Batanghari memiliki lebar bervariasi mulai dari 300 hingga 500 meter. Jalan Tol Trans Sumatera di Jambi akan melewati bagian yang lebar 500an meter.
 
Pemerintah telah menyiapkan dua opsi yang paling memungkinkan untuk jalur ini, opsi pertama adalah melalui struktur jembatan dan opsi kedua melalui terowongan tenggelam (immersed tunnel).
 
Demikian disampaikan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah Jambi Kementerian PUPR Bosar H. Pasaribu kepada Jambi Ekspres beberapa waktu lalu.
 
Kata Bosar, Sungai Batanghari termasuk salah satu sungai paling lebar yang harus dilewati jalur JTTS dari Lampung hingga Aceh.
 
Apabila nanti dipilih opsi terowongan, maka terowongan tenggelam yang ada di Jambi itu akan jadi immersed tunnel pertama dimiliki Indonesia.
 
Membuat sebuah terowongan bawah air memang membutuhkan biaya yang tinggi. Namun dalam proses pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera telah memunculkan banyak inovasi baru, jika memang memungkinkan, maka opsi terowongan bisa saja jadi pilihan, lanjutnya lagi.
 
Pemerintah saat ini juga masih mengkaji opsi terbaiknya. Apabila memang hanya konstruksi jembatan biasa atau menjadi jembatan Batanghari IV, tentu saja struktur untuk melintasi Sungai Batanghari ini juga harus dilakukan dengan teknologi yang baik, karena lebar Sungai Batanghari tidaklah pendek dan arus air sungainya juga tidak kecil. (dpc/aba)
 

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait