Hadiri Pembukaan MTQ Ke-53 di Kabupaten Kerinci, Pj Wali Kota Sempatkan Cek Kesiapan Kafilah Kota Jambi

Minggu 22-09-2024,07:40 WIB
Reporter : M Hafizh Alatas
Editor : Setya Novanto

Dalam rangkaiannya ke Kabupaten Kerinci itu, sebelumnya pada hari Jumat (20/09/2024) malam, Pj Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih juga menghadiri Pembukaan MTQ ke-53 tingkat Provinsi Jambi Tahun 2024 yang dilaksanakan di Dermaga Danau Kerinci, Sanggaran Agung, Kabupaten Kerinci. 

MTQ Ke-53 Provinsi Jambi itu dibuka secara resmi oleh  Gubernur Jambi Al Haris didampingi Wakil Gubernur Abdullah Sani, Kakan Kemenag Provinsi Jambi Zoztafia, Pj Bupati Kerinci Asraf yang ditandai dengan penekanan tombol sirine dan pengibaran bendera Musabaqah Tilawatil Quran.

Dengan Tema "Kita Tingkatkan Pemahaman Dan Pengamalan Nilai-Nilai Al Quran Dalam Kehidupan Sehari-hari Untuk Mewujudkan Jambi Mantap,” pembukaan perhelatan MTQ itu berlangsung meriah dan khidmat. Diawali dengan defile iring-iringan para Kafilah seluruh Kabupaten/Kota, pembacaan ayat suci Al Quran dan ditutup dengan penampilan artis ibu kota Hadad Alwi yang menggemakan lantunan Sholawat Nabi. Rangkaian acara pembukaan tersebut diakhiri penampilan tari kolosal yang kental dengan nuansa Islami. 

Gunernur Jambi Al Haris dalam sambutannya saat membuka MTQ ke-53 Tingkat Provinsi Jambi, menekankan, pentingnya mendukung pengembangan Tilawatil Quran. Dia mengatakan, Pemerintah Provinsi telah menyiapkan pusat pendidikan seni baca Al Quran dan pendidikan Agama. 

"Saat ini kita sedang membangun Islamic Center yang berfungsi sebagai pusat pelatihan pengembangan Tilawatil Quran dan pendidikan agama bagi umat Muslim. Insya Allah pada akhir tahun ini pengerjaan nya bisa selesai,"  ungkap Al Haris. 

Adanya Islamic Center tersebut, jelas Al Haris, agar Provinsi Jambi bisa mencetak qori-qoariah terbaik yang bisa tampil hingga tingkat Nasional dan Internasional. 

"Dengan beroperasinya Islamic Center nantinya kita berharap dapat memperbaiki akhlak anak-anak saat ini yang sedang di uji. Maka didik anak-anak kita untuk memiliki kemampuan beragama. Karena hari ini banyak kita temui anak-anak geng motor ini adalah usia remaja, yang sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari," jelas Gubernur. 

Melalui MTQ ini, kata Gubernur, agar dijadikan sebagai ajang untuk meningkatkan silaturrahmi guna menjaga rasa persatuan dan kesatuan dalam menghadapi pemilu 2024 mendatang dengan prinsip meskipun berbeda pilihan tapi tetap menjaga keharmonisan sesama.

Turut hadir pada pembukaan MTQ tingkat Provinsi Jambi itu, unsur Forkopimda se-Provinsi Jambi, para Kepala Daerah se Provinsi Jambi, Ketua TP PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota, Instansi Vertikal se Provinsi Jambi, Ketua MUI Provinsi Jambi, para Dewan Hakim, para Kafilah Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi, dan tamu undangan lainnya. (hfz)

Kategori :