Warga Tanjabtim Temukan Semburan Diduga Gas dari Dalam Tanah, Jusmail : Berbau Belerang

Sabtu 15-07-2023,11:04 WIB
Editor : Setya Novanto

MUARASABAK, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Salah satu Desa di Kabupaten Tanjabtim dihebohkan adanya penemuan asap yang menyembur keluar dari dalam tanah yang diduga gas. Lokasinya berada di samping rumah warga tepatnya di RT 10 Dusun Karya Desa Simbur Naik, Kecamatan Muara Sabak Timur.

Semburan diduga gas itu pertama kali ditemukan oleh warga yang bernama Mustafa dan Samsir di samping rumahnya sendiri. Kejadian itu sudah terjadi sejak setelah hari raya lebaran Idul Adha tahun 2023 kemarin.

Kepala Desa Simbur Naik, Jusmail saat dikonfirmasi membenarkan adanya penemuan seperti gas yang menyembur. Warga yang pertama kali menemukannya awalnya melihat seperti asap yang muncul dari bawah rumahnya, tapi tidak hilang-hilang.

"Dan juga mengeluarkan bau seperti belerang gitu. Masyarakat yang berada jauh dari rumah saksi juga pernah mencium bau belerang," katanya.

Karena curiga dengan asap dan bau belerang tersebut, kedua saksi berinisiatif untuk menggalinya. Alhasil, saksi menemukan air yang panas seperti mendidih dan mengeluarkan asap seperti gas.

"Airnya hangat dan sedikit berbau belerang," sebutnya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanjabtim, Adil P Aritonang dikonfirmasi terkait ini, bahwa pihaknya telah menindaklanjuti penemuan tersebut. Pihaknya juga sudah mengambil sampel ke lokasi untuk dicek laboratorium.

"Kita sudah bergerak bersama bagian sumber daya alam, BPBD, Satpol PP dan pemerintah kecamatan mengambil sampel dan sudah dikirim ke lab Jambi, dan sekarang menunggu hasilnya," tutupnya.(lan)

Kategori :