Guna memberikan pelayanan lalu lintas yang maksimal kepada pengguna jalan yang melintas di Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, PT JBS memantau situasi kondisi jalur dengan CCTV sebanyak 47 Titik dan VMS yang terpasang 7 Titik di jalan tol tersebut, serta menyediakan berbagai kendaraan operasional yang siap siaga selama 24 Jam untuk membantu penanganan gangguan atau kecelakaan di Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, di antaranya adalah 6 unit Mobile Customer Service, 4 unit Kendaraan Ambulans, 8 unit Kendaraan Derek, 2 unit Kendaraan Rescue, dan 5 unit Kendaraan Patroli Jalan Raya.
Penyesuaian tarif Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memperhitungkan penyesuaian tarif reguler dengan inflasi 2 tahun yaitu dari Mei 2020-Sept 2022 sebesar 7,19%. Tidak hanya bersifat reguler, penyesuaian tarif Jalan Tol Balikpapan-Samarinda juga memperhitungkan evaluasi nilai rencana usaha akibat adanya penambahan lingkup konstruksi pada Seksi 1 dan Seksi 5 yang berpengaruh pada peningkatan besaran nilai Investasi yang dikeluarkan Badan Usaha Jalan Tol.
Selain itu, penyesuaian tarif ini juga mempertimbangkan keseimbangan antara kemampuan membayar pengguna jalan tol dengan pengembalian investasi yang kondusif, pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan peningkatan pelayananan dari Jalan Tol Balikpapan-Samarinda.
Jasa Marga mengimbau pengguna jalan tol untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik dan aktif memperbarui informasi melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA dan/atau @JasmarNusantara, aplikasi Travoy dan media sosial resmi Jasa Marga. (*)