>

Bukan Melihat Kalender, Petani Jawa Zaman Dulu Menentukan Jadwal Tanam Padi Cara Genggam Pasir

Bukan Melihat Kalender, Petani Jawa Zaman Dulu Menentukan Jadwal Tanam Padi Cara Genggam Pasir

Ilusrasi Presiden Jokowi saat bertemu petani sawah beberapa waktu lalu-pertanian.go.id-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Bukan melihat kalender, cara petani Jawa zaman dulu menentukan jadwal tanam padi ternyata ada trik tersendiri, termasuk memegang pasir.

 

Peneliti dari Pusat Riset Manuskrip, Literatur, dan Tradisi Lisan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Antonia Rahayu Rosaria Wibowo, dikutip dari Antara, mengungkapkan bahwa petani di Jawa pada masa lalu mengamati rasi bintang untuk menentukan waktu menanam padi.

 

Ia menerangkan, masyarakat Jawa kuno menjadikan rasi bintang Orion, atau dalam bahasa lokal disebut Waluku yang berarti bajak, sebagai pertanda sudah masuk musim hujan sehingga mereka mulai menanam padi.  

 

"Rasi bintang ini terdiri dari bintang kembar yang berjajar membentuk seperti bajak. Ketika mereka melihat Orion atau Waluku yang muncul di langit timur saat matahari terbenam, artinya musim hujan telah dimulai," kata Antonia dalam diskusi daring yang dipantau di Jakarta pada Jumat. 

 

Genggam Pasir 

 

Setelah melihat rasi bintang Orion di langit setelah matahari terbenam, para petani akan menggenggam pasir atau gabah di tangannya. Kemudian, tangan yang memegang pasir atau gabah tersebut diangkat ke arah rasi bintang lalu dimiringkan.  

 

"Kalau gabah atau pasir yang mereka pegang itu jatuh, artinya mereka sudah bisa menanam," imbuhnya.  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: