>

Keikutsertaan BPJS Ketenagakerjaan di Sarolangun Masih Rendah, Pj Bahri Upayakan Melalui APBD Perubahan

Keikutsertaan BPJS Ketenagakerjaan di Sarolangun Masih Rendah, Pj Bahri Upayakan Melalui APBD Perubahan

Pj Bahri melakukan pertemuan dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan -Foto: istimewa-

SAROLANGUN, JAMBIEKSPRES.CO.IDPenjabat Bupati Sarolangun Dr Bahri,  melakukan pertemuan dengan BPJS Ketenagakerjaan bersama PJ Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih, Rabu (02/10/2024) di Gudhas Village Restaurant Kota Jambi.

Pertemuan tersebut dalam rangka membahas Universal Health Coverage (UHC) BPJS Ketenagakerjaan Di Kabupaten Sarolangun dan Kota Jambi.

Setelah melakukan pertemuan tersebut, PJ Bupati Sarolangun Bahri mengatakan, bahwa saat ini persentase keikutsertaan tenaga kerja di Kabupaten Sarolangun dalam Jaminan BPJS Ketenagakerjaan baru mencapai 43 persen dari total 112 ribu tenaga kerja.

” Pekerja kita lebih kurang 112 ribu pekerja dan tercover baru 43 persen, kalau dibandingkan target itu jauh, ada gep,” katanya.

Maka dari itu, lanjut Bahri, tahun 2024 ini melalui APBD Perubahan Kabupaten Sarolangun akan menaikkan UHC BPJS Ketenagakerjaan ini menjadi 65 persen, artinya angka itu akan lebih tinggi dibandingkan Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Jambi.

” Nanti kita berikan perlindungan kepada masyarakat berupa jaminan sosial berupa jaminan kecelakaan kerja, jaminan meninggal dunia atau kematian, “ungkapnya.

” Meningkatkan jumlah coverage sehingga UHC BPJS Ketenagakerjaan menjadi 65 persen, itu harapan kita,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur renstra dan IT BPJS Ketenagakerjaan Pramudya Iriawan Buntoro mengatakan, bahwa Jaminan sosial sebenarnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kedua mengurangi kemiskinan.

” Jadi dalam rangka ini pemerintah mengeluarkan dua inpres, pertama inpres 02 tahun 2021 bahwa orang yang terlindungi BPJS Ketenagakerjaan itu harus dinaikkan. Kedua inpres nomor 04 tentang kemiskinan ekstrem, dan itu harus dikurangi dan tahun ini pemerintah targetkan 0 persen,” katanya.

Maka dari itu, pihaknya mendorong upaya UHC BPJS Ketenagakerjaan ini di seluruh Pemda, termasuk Sarolangun yang UHC sudah lumayan bagus namun belum tertinggi di Provinsi Jambi.

” Komitmen pak Bahri, beliau ingin jadi tertinggi di provinsi Jambi, kami sambut baik bahwa beliau akan universal coverage Jamsostek, langkah langkah sudah di susun dan konkrit dan itu patut di apresiasi,”pungkasnya.(hnd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: