>

Pelatihan Kuliner SKK Migas - PetroChina, Masakan Lokal Jadi Menu Andalan

Pelatihan Kuliner SKK Migas - PetroChina, Masakan Lokal Jadi Menu Andalan

Pelatihan Kuliner SKK Migas - PetroChina, Masakan Lokal Jadi Menu Andalan--

MUARASABAK, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Pelatihan Kuliner yang digelar SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd di Cafe Literasi Perpustakaan Cendekia Simpang Blok D, Minggu (15/9) pagi memberikan Pelatihan menu masakan yang sering menjadi andalan masyarakat setempat.

Bahan yang menjadi andalan pada pelatihan ini seperti kerang darah, udang dan cumi, kemudian juga ada daging ayam bahan tambahan untuk pelengkapan pelatihan memasak.

Tampak puluhan ibu-ibu dibawah naungan ibu Lurah Pandan Jaya sangat antusias mengikuti pelatihan. Mereka para peserta tampak kompak memasak kerang darah sambil bersenda gurau, namun mereka tetap teliti sehingga masakan yang dihasilkan memang sesuai dengan harapan nantinya.

Comdev Supervisor PetroChina International Jabung Ltd, Ahmad Ramadlan menuturkan, bahwa memang pelatihan ini bertujuan untuk memberikan ilmu kepada peserta tentang bagaimana cara memaksimalkan masakan lokal. Jadi Chef Dodi mengajarkan kembali dengan tata cara sesuai dengan standar.

"Mungkin kalau masakan biasa ibu-ibu peserta sudah tahu. Tapi di pelatihan ini Chef akan memberikan materi yang mungkin belum diketahui oleh peserta," ujarnya.

Chef Dodi Setiadi yang menjadi narasumber pada pelatihan ini mengatakan, bahwa untuk menunya mengangkat bahan yang ada di masyarakat sekitar dan dipadukan dengan bumbu saos.

"Intinya kearifan lokalnya yang kita angkat," tuturnya.

Pelatihan Kuliner yang diberikan ini, yakni mengenal bahan-bahan yang baik, cara memasak yang baik, perhitungan cost atau biaya sesuai dengan bajet yang dimiliki. Karena sifatnya kalau bisnis harus mendapatkan laba atau keuntungan. Hal itu berhubungan dengan pemilihan bahan yang baik dan sebagainya. 

"Kalau bisnis tapi tidak ada perhitungan, maka rugi yang akan didapat. Makanya setiap bisnis kuliner harus menyesuaikan dengan anggaran dan perhitungan keuntungan yang akan didapat," sebutnya. 

Dia berharap, para ibu-ibu yang menjadi peserta bisa sama-sama belajar, sehingga ilmu yang didapat di pelatihan ini bisa bermanfaat, baik dilingkungan keluarga maupun diluar rumah. Karena memasak ini adalah kegiatan sehari-hari ibu-ibu. Bisa saja nanti setelah pelatihan ini ada yang mau membuka bisnis kuliner.

"Tentunya harapan saya sebagai narasumber peserta bisa memahami, dan menyimpan ilmu yang didapat sekarang untuk diterapkan di pelatihan ini maupun kedepannya nanti," harapnya.

Hadir juga pada kegiatan itu, Lurah Pandan Jaya, Sanuddin, SE dan Ade Jermawinsyah Zebua, SE, MM Pendamping Wahana Tata Prima mitra dari SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd.(lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: