>

30 Ribu Tenaga Medis Korsel Akan Mogok Massal Pekan Depan

30 Ribu Tenaga Medis Korsel Akan Mogok Massal Pekan Depan

Para petugas medis berjalan di sebuah rumah sakit di Daegu, Korea Selatan, 15 Maret 2000. -(ANTARA/Lee Sang-ho/Xinhua/tm/aa)-

KORSEL, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Sekitar 30 ribu tenaga medis di Korea Selatan (KORSEL) berencana melakukan aksi mogok pekan depan.

 

Demikian disampaikan Serikat Pekerja Kesehatan dan Medis Korea Selatan mengumumkan pada Sabtu kemarin, seperti dikutip dari Antara.

 

Serikat tersebut, yang beranggotakan sekitar 30.000 perawat dan tenaga medis di 61 rumah sakit, mengatakan bahwa 91 persen lebih anggotanya mendukung rencana mogok itu.

 

Jika mediasi oleh komite hubungan industrial gagal, serikat tersebut berencana melancarkan pemogokan serentak pada Kamis depan.

 

Mereka meminta kenaikan gaji dan normalisasi sistem kesehatan di negara itu yang terganggu oleh pemogokan berkepanjangan para dokter magang, menurut para pejabat serikat itu.

 

Serikat itu telah mendesak rumah-rumah sakit untuk segera mengisi kekosongan tenaga medis yang disebabkan oleh pemogokan dokter magang selama berbulan-bulan dan menaikkan gaji pekerja sebesar 6,4 persen.

 

Sekitar 12.000 dokter magang telah menolak bekerja sejak akhir Februari lalu sebagai protes terhadap rencana pemerintah menambah jumlah mahasiswa kedokteran.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: