>

Sosok Youtuber Vasko yang Diusung Jadi Calon Wakil Gubernur Sumbar

Sosok Youtuber Vasko yang Diusung Jadi Calon Wakil Gubernur Sumbar

Vasko Ruseimy diusung Gerindra dan PKS sebagai calon Wakil Gubernur Sumbar, mendampingi Mahyeldi Ansharullah.-Foto: Istimewa-

JAMBIEKSPRES.CO.ID – Nama Vasko Ruseimy ramai diperbincangkan setelah resmi diusung Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai calon Wakil Gubernur Sumbar, mendampingi Mahyeldi Ansharullah.

Bahkan Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, H Andre Rosiade pada Jumat (12/7/2024) telah memastikan surat rekomendasi untuk keduanya telah dikeluarkan oleh Gerindra maupun PKS.

Lantas Siapakah Sosok Vasko?

Vasko selama ini memang dikenal sebagai youtuber dan juga tokoh muda Minang di kancah nasional.

Pria yang berulang tahun ke 38 pada 13 Juli besok ini, menamatkan sekolahnya di SMA 1 Boedi Oetomo Jakarta.

Sejak sekolah, Vasko telah mulai menunjukkan ketertarikannya dalam dunia organisasi, ia mulai aktif di OSIS bahkan juga pernah menjadi Tim Patroli Keamanan Sekolah.

Kemudian ia melanjutkan Pendidikan di Universitas Indonesia jurusan Teknik Gas dan Pertrokimia.

Saat di kampus, Vasko juga aktif sebagai anggota BEM UI (Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia).

Vasko mulai terjun ke dunia politik saat memutuskan menjadi anggota sayap Partai Golkar. Golkar menjadi partai pilihan pertama Vasko saat mulai nyebur ke dunia politik.

Diusianya yang masih sangat muda, Vasco mampu menduduki posisi cukup penting dengan menjadi Ketua DPP GEMA MKGR, Ketua DPP MKGR dan Wakil Ketua Umum AMPI hingga tahun 2018 saat usianya masih 33 tahun.
 
Puncaknya, Vasko menduduki posisi Wakil Sekjen Partai Golkar sebelum akhirnya keluar dari Golkar.

Gejolak dualisme yang terjadi di tubuh Golkar Ketika itu, tak membuat Vasko nyaman, saat gonjang ganjing kepemimpinan Golkar, ia memilih untuk loncat ke Partai Berkarya yang digawangi Tommy Soeharto.

Namun tak bertahan lama, di tengah konflik yang terjadi di internal Partai Berkarya, Vasko memutuskan bergabung dengan Partai Gerindra yang dipimpin oleh Prabowo Subianto.

Bak gayung bersambut, reputasi Vasko di partai Gerindra kian moncer, ia kemudian dipercaya sebagai Juru Bicara dan Wakil Direktur IT Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan Prabowo-Sandi pada musim Pilpres tahun 2019.

Vasko juga pernah menjadi Staf Khusus Wakil Ketua DPR RI. Kemudian, menduduki jabatan penting sebagai Ketua DPP Gerindra.

Selain sebagai politisi, Vasko juga dikenal sebagai youtuber yang cukup tersohor dengan nama channel Macan Idealis, jumlah pengikutnya telah mencapai 1,27 Juta.

Vasko juga aktif dalam berbagai organisasi Islam. Dia tercatat sebagai pendiri dan Wakil Ketua Umum Syarikat Kebangkitan Pemuda Islam (SKPI).

Vasko juga pernah menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Wakil Ketua Dewan Pakar DPP Gekrafs.

Selain sebagai youtuber dan politikus, Vasko juga memiliki usaha hingga kemudian juga dipercaya menjabat sebagai Ketua BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

Vasko untuk Wagub Sumbar

Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, H Andre Rosiade mengatakan, Vasko merupakan kader muda Gerindra yang memiliki banyak sekali talenta.

Ini akan memberi kontribusi dalam pembangunan Sumbar ke depan. Ia juga optimis, pasangan Mahyeldi-Vasko akan mendapat sambutan hangat dari masyarakat Sumbar.

Mahyeldi-Vasko katanya adalah paket komplit, Mahyeldi kader PKS senior sementara Vasko adalah kader muda Gerindra.

“Ini sudah melalui kajian yang matang dari dua partai. Bahkan sudah dilakukan diskusi antarpengurus DPP sampai ke tingkat Sumbar. Begitu juga dengan sejumlah survei yang dilakukan jelang dikeluarkannya SK. Insya Allah, Mahyeldi-Vasko tepat untuk Sumbar dan akan memenangkan Pilkada Sumbar,” lanjut Andre Rosiade seperti dikutip dari dari padek.co. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: