>

Di RI Sedang Viral Khodam, di Korut Putin Jadi Sopir Kim Jong Un

Di RI Sedang Viral Khodam, di Korut Putin Jadi Sopir Kim Jong Un

Di RI kini sedang ramai dibicarakan soal khodam (kiri) sementara di Korut Presiden Rusia Vladimir Putin tiba-tiba menjadi sopir Kim Jong Un (kanan)-Foto: Istimewa-

JAMBIEKSPRES.CO.ID – Dunia media sosial (medsos) Indonesia kini sedang heboh membahas tentang khodam. Adalah dunia TikTok yang pertamakali mempopulerkan istilah khodam.

Bermula dari sebuah akun yang membuat siaran langsung sambil menerawang khodam penontonnya, kemudian istilah khodam semakin ramai dibicarakan.

Tak hanya di kalangan pengguna TikTok, kata-kata khodam pun ramai diperbincangkan di platform lainnya seperti X (dulu Twitter) dan Instagram.

Lantas apa itu khodam? Secara ilmiah, khodam bisa disebut sebagai perilaku yang dimunculkan akibat pengalaman emosional seseorang. Dalam ilmu psikologi dikenal dengan istilah ego state.

Istilah khodam sendiri berasal dari Bahasa Arab yang bermakna penjaga atau pengawal. Dalam kalangan masyarakat Jawa dikenal dengan kata perewangan.

khodam yang kini sedang riuh dibicarakan netizen Indonesia, juga terkait supranatural, dimana khodam dianggap sebagai sosok makhluk yang ada di setiap diri manusia, terbentuk dari energi masing-masing, namun bukan jin atau setan.

Khodam bisa lahir  dari energi positif atau negatif, inilah yang sering direka-reka oleh beberapa pihak yang mengaku memiliki kekuatan supranaural, mampu melihat khodam pada diri seseorang.

Putin Jadi Sopir Kim Jong Un

Sementara itu, dalam kunjungannya ke Korea Utara (Korut), Presiden Rusia Vladimir Putin tiba-tiba menjadi sopir pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Putin tersebar di video yang dirilis stasiun TV pemerintah Rusia, terlihat sedang mengendarai sebuah limosin mewah merek Aurus dan disampingnya duduk dengan sumringah, Kim Jong Un sebagai penumpang.

Mobil buatan Rusia itu merupakan hadiah Putin untuk Kim Jong Un saat kunjungannya ke pusat ibukota Korut Pyongyang pada Rabu (19/6/2024).

Putin cukup santai jadi sopir Kim Jong Un melewati jalanan di sebuah lokasi yang mirip taman dan hutan.

Mobil ini disebut-sebut sangat disukai Kim Jong Un, pemimpin Korut itu juga dikenal sebagai pecinta otomotif mewah.

Putin disebut telah pernah memberikan Kim sebuah mobil pada Februari 2024 lalu, ini merupakan mobil kedua hadiah dari Putin yang ia terima.

Mobil Aurus adalah kendaraan mewah dengan desain klasik mirip dengan limosin ZIL yang popular pada zaman Soviet, dan itulah mobil resmi kepresidenan Rusia.

Pejabat Rusia mengatakan, negara mereka akan mulai memproduksi mobil  Aurus di bekas pabrik Toyota di St. Petersburg pada tahun 2024 ini.

Mobil mahal tersebut juga cukup laris, telah terjual setidaknya 40 unit pada tahun 2024 ini.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: