>

Kabar Duka, Jemaah Haji Asal Kabupaten Batanghari Wafat di King Faisal Hospital Makkah

Kabar Duka, Jemaah Haji Asal Kabupaten Batanghari Wafat di King Faisal Hospital Makkah

Kabar Duka, Jemaah Haji Asal Kabupaten Batanghari Wafat di King Faisal Hospital Makkah--

MAKKAH, JAMBIEKSPRES.CO.ID– Kabar duka kembali datang dari Tanah Suci Makkah.

Jemaah haji asal Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi bernama H. Adamsuar Ismail (70) menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit King Faisal pada 20 Juni 2024.

Jemaah yang tergabung dalam kloter BTH 23 sektor 2 Syisyah ini meninggal dunia setelah berjuang melawan penyakit jantung iskemik, hipertensi kronis, dan diabetes mellitus tipe 2 yang telah lama dideritanya.

Berdasarkan laporan Ketua Kloter BTH 23 H. Al Jufri mengatakan kepada Media Center EHA Jambi, Bermula pada pagi hari tanggal 20 Juni 2024, sekitar pukul 09.00 waktu setempat.

BACA JUGA:Kabar Duka, Jemaah Haji Kota Jambi BTH 26 Wafat di Makkah

H. Adamsuar ditemukan tidak sadar oleh istrinya di kamar lantai 9.06 Hotel Mina View 210. Pasien mengalami henti napas, yang segera dilaporkan oleh salah satu teman sekamar kepada tim kloter.

Tim medis kloter segera melakukan tindakan resusitasi jantung paru (RJP) sebanyak lima siklus, setelah itu nadi mulai teraba kembali dengan saturasi oksigen 84%. Infus segera dipasang dan tindakan RJP kembali dilakukan sambil menunggu Tim Emergency Medical Service (TEMS) tiba untuk memberikan bantuan lebih lanjut.

Setibanya tim TEMS, pasien langsung diintubasi dan diberikan epinefrin. Tindakan RJP terus dilanjutkan selama perjalanan menuju RS King Faisal menggunakan ambulans.

Sesampainya di Instalasi Gawat Darurat, pasien segera dipasangi monitor. Namun, upaya keras tim medis tak mampu menyelamatkan nyawa H. Adamsuar. Dokter jaga IGD RS King Faisal menyatakan beliau meninggal dunia pada pukul 10.35 WAS.

H. Adamsuar tiba di Arab Saudi pada tanggal 5 Juni 2024 dengan kondisinya yang termasuk dalam kategori risiko tinggi (risti) karena riwayat penyakit hipertensi kronis, diabetes mellitus tipe 2 yang bergantung pada insulin, serta efusi pleura, membuatnya berada dalam pengawasan ketat oleh tim medis. Dr. Silviana, dokter yang mendampingi jemaah, memastikan bahwa segala upaya telah dilakukan untuk menjaga kesehatan H. Adamsuar selama perjalanan ibadah ini.

Hingga informasi ini disampaikan, tercatat ada empat jemaah haji Provinsi Jambi yang wafat di Tanah Suci yaitu Alm. H. Husaini Ibas Ijan dari Kloter 26 BTH asal Kota Jambi, Alm. H.M. Yazid Syamsi dari Kloter 23 BTH asal Kabupaten Bungo, Alm. H. Syahrial Kaharudin Zakaria dari Kloter 24 BTH asal Kabupaten Kerinci dan Alm. H. Adamsuar Ismail Kemas Ismail dari Kloter 23 BTH asal Kabupaten Batanghari.

Segenap Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Provinsi Jambi mendoakan Semoga Seluruh Jemaah Haji Provinsi Jambi yang telah wafat di tanah suci diterima di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: