>

449 JCH Asal Jambi Tergabung di Kloter 27 BTH Diberangkatkan Menuju Tanah Suci, Berikut Rincian Asalnya

449 JCH Asal Jambi Tergabung di Kloter 27 BTH Diberangkatkan Menuju Tanah Suci, Berikut Rincian Asalnya

Tergabung Dalam Kloter 27 BTH, 449 JCH Asal Jambi Diberangkatkan Menuju Tanah Suci--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Sabtu malam (8/6/2024), Jemaah Calon Haji (JCH) dari Kelompok Terbang (KLOTER) BTH 27 Provinsi Jambi diberangkatkan ke Tanah Suci.

Proses pemberangkatan ini berlangsung dari Asrama Embarkasi Haji Antara (EHA) Provinsi Jambi.

KLOTER BTH 27 ini terdiri dari 449 jemaah, yang meliputi 142 jemaah asal Kota Jambi, 298 jemaah dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat, 1 jemaah dari Kabupaten Bungo, 3 orang PHD/KBIHU, serta 5 orang PPIH KLOTER.

Di antara mereka terdapat Zainal Abidin Harun dari Kabupaten Bungo, yang seharusnya berangkat dengan KLOTER BTH 23.

Namun, karena kondisi kesehatan yang memerlukan observasi, ia diberangkatkan bersama KLOTER BTH 27. Setibanya di Mekkah, Zainal akan bergabung kembali dengan KLOTER BTH 23 Provinsi Jambi.

Jadwal pemberangkatan rombongan KLOTER BTH 27 ke Tanah Suci dimulai pada dini hari Minggu (9/6/2024).

Seremonial pelepasan dilakukan oleh PPIH Provinsi Jambi pada Sabtu (8/6/2024) sekitar pukul 20.20 WIB, dilanjutkan dengan keberangkatan bus menuju Bandara Sultan Thaha Jambi pukul 21.50 WIB.

Jemaah diterbangkan menuju Bandara Internasional Hang Nadim Batam menggunakan maskapai Lion Air pada pukul 00.05 WIB, 00.25 WIB, dan 00.45 WIB.

Dari Hang Nadim Batam, mereka berangkat ke Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, pada Minggu (9/6/2024) pukul 07.45 WIB.

Sebelum berangkat ke bandara, para jemaah mengenakan pakaian ihram di Asrama EHA Provinsi Jambi. Mereka menjalani prosedur pengecekan barang bawaan dengan sistem X-ray dan pemeriksaan badan oleh Petugas AVSEC Bandara, dengan prioritas pada jemaah lanjut usia.

Acara seremonial pelepasan, jemaah disediakan konsumsi dan diarahkan duduk di kursi yang telah disiapkan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Provinsi Jambi. Dalam kesempatan ini, jemaah mendapat arahan mengenai keamanan barang bawaan, kegiatan selama di Tanah Suci, serta panduan ibadah sunah dan wajib.

Seremonial pelepasan dihadiri oleh Gubernur Jambi yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan SETDA Provinsi Jambi Arief Munandar, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (KAKANWIL KEMENAG) Provinsi Jambi H. Zoztafia, perwakilan Kepala Kantor KEMENAG Kota Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, perwakilan Kepala OPD terkait, dan PPIH Provinsi Jambi. Acara dimulai dengan pembacaan Basmallah dan Ayat Suci Al Qur’an.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, H. Zoztafia, menyampaikan permohonan maaf kepada para jemaah atas segala kekurangan selama di Asrama EHA Provinsi Jambi. "Kami mewakili keluarga besar Kementerian Agama, PEMDA, dan seluruh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Provinsi Jambi mohon maaf jika ada kekurangan pelayanan selama di asrama haji ini," ungkapnya.

Arief Munandar, mewakili Gubernur Jambi Al Haris, dalam sambutannya berpesan agar para jemaah menjaga kesehatan dan kebugaran demi kelancaran ibadah haji. "Saya berpesan kepada para jemaah calon haji untuk menjaga kesehatan agar bisa melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan baik dan kembali ke Tanah Air dalam keadaan sehat," pesannya. Ia kemudian resmi melepas pemberangkatan JCH KLOTER BTH 27 Provinsi Jambi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: