>

Akselerasi Kualitas Publikasi Ilmiah: Sinergi DRTPM Kemdikbud Ristek dan MTP Universitas Jambi

Akselerasi Kualitas Publikasi Ilmiah: Sinergi DRTPM Kemdikbud Ristek dan MTP Universitas Jambi

Akselerasi Kualitas Publikasi Ilmiah: Sinergi DRTPM Kemdikbud Ristek dan MTP Universitas Jambi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kemdikbud Ristek bekerja sama dengan Magister Teknologi Pendidikan Universitas Jambi sukses menyelenggarakan workshop "Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional dan Internasional & Peningkatan Tata Kelola Jurnal Ilmiah Terakreditasi". Acara ini berlangsung pada tanggal 6-7 Juni 2024 di BW Luxury Hotel Jambi dan menghadirkan sejumlah pakar ternama di bidangnya.

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan dosen dalam memublikasikan karya ilmiah di jurnal bereputasi baik nasional dengan peringkat S1-S6 maupun internasional dengan quartil Q1-Q4 atau memiliki Impact Factor (IF). Diharapkan melalui kegiatan ini, kemampuan dosen untuk memenuhi persyaratan kenaikan jabatan akademik dan meningkatkan luaran hasil penelitian dapat terpenuhi dengan baik.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jambi, Prof. Dr. Hafrida, S.H., M.H., yang mewakili Rektor UNJA. Dalam sambutannya, Prof. Hafrida menekankan pentingnya semangat inovatif dan kreatif dalam penulisan artikel ilmiah. “Para peserta harus mampu membawa kualitas publikasi dosen dan perguruan tinggi yang diwakili ke level yang lebih tinggi,” ujarnya.

Workshop ini dibuka oleh Yoga Dwi Arianda, S.T., Ketua Tim Jurnal dan Publikasi Ilmiah, DRTPM. Dalam sambutannya, Yoga Dwi Arianda mengingatkan para peserta untuk menjaga komitmen dan integritas dalam Publikasi Ilmiah serta menghindari perilaku plagiasi. "Plagiasi hanya akan merusak marwah dan kredibilitas dosen serta perguruan tinggi," tegasnya.

Workshop ini diikuti oleh 32 peserta dari 8 perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk sesi penulisan artikel ilmiah, dan 33 peserta dari 20 perguruan tinggi untuk sesi tata kelola jurnal ilmiah terakreditasi. Beberapa peserta berasal dari Universitas Timor, NTT, dari wilayah timur dan Universitas Samudera, Langsa Aceh dari wilayah barat Indonesia yang menempuh perjalanan jauh untuk mengikuti acara ini.

Para narasumber yang dihadirkan dalam workshop ini adalah para ahli di bidangnya. Untuk sesi penulisan artikel ilmiah, narasumber yang diundang antara lain Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom., Prof. Amirul Mukminin, S.Pd., M.Sc.Ed., PhD., Prof. Ari Widyanti, ST., MT., Ph.D., Prof. Ir. Siti Nurmaini, Ph.D., Prof. Suminar Setiati Achmadi, dan Prof. Ir. Wasmen Manalu, Ph.D. Sedangkan untuk sesi tata kelola jurnal ilmiah, narasumber yang hadir meliputi Dr. Ir. Iman Rusmana, M. Si., Dwi Fajar Saputra, S.Sos., M.M., dan Arie Afriansyah, Ph.D.

Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis, tetapi juga praktik langsung yang sangat bermanfaat bagi para peserta. Mereka mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi secara langsung dengan para ahli, bertukar pengalaman, dan memperluas jaringan akademik. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para dosen dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam penulisan artikel ilmiah dan manajemen jurnal sehingga mampu bersaing di kancah internasional.

Workshop ini menjadi langkah konkret dalam upaya peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah di Indonesia, yang pada akhirnya akan mendukung peningkatan kualitas pendidikan tinggi di tanah air. (*/kar)

 

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: