Heboh Putri Tunggal Ridwan Kamil Lepas Jilbab, Pendidikan dan Reaksi Sang Ibu Jadi Sorotan

Heboh Putri Tunggal Ridwan Kamil Lepas Jilbab, Pendidikan dan Reaksi Sang Ibu Jadi Sorotan

Zara, putri tunggal Ridwan Kamil membuat pengumuman telah memutuskan untuk melepas jilbab. Kiri foto saat Zara masih kuliah di ITB, kanan foto Zara terbaru saat sudah kuliah di Inggris-Foto: Instagram-

JAMBIEKSPRES.CO.ID – Putri tunggal mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Camillia Laetitia Azzahra membuat heboh Indonesia usai ia memutuskan untuk melepas jilbab.

Pilihannya untuk tak lagi menggunakan jilbab dalam keseharian diumumkan Azzahra atau Zara, di akun sosial medianya dengan kata-kata cukup panjang.

“Hai semuanya, selama banyak pertimbangan dan diskusi yang sangat amat panjang dengan keluarga aku, aku memutuskan untuk melepas kerudungku,” tulis Zara pada akun @camilliazr dikutip Jambi Ekspres Sabtu (6/4/2024).

“Jikapun aku berkerudung lagi, itu harus datang dari pencarian keyakinan oleh diriku sendiri, bukan oleh permintaan lingkungan atau orang lain, ijinkan aku memulai perjalanan pencarian ini dengan caraku sendiri,” lanjut Zara lagi.

Pendidikan Azzahra

Usai membuat pengumuman itu, kemudian netizen pun jadi penasaran dengan Pendidikan Zara.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, ternyata Zara menamatkan sekolah menengah pertamanya di SMP Darul Hikam Kota Bandung pada tahun 2019.

Seperti kita ketahui, ini merupakan sekolah Islam yang tersohor di Jawa Barat, bahkan anak-anak dari berbagai daerah di Indonesia, juga banyak yang sekolah di sini.

Tamat SMP kemudian Zara melanjutkan pendidikannya di sekolah negeri SMA 3 Bandung, sebuah SMA terbaik dan favorit di Kota Bandung.

Selama SMA Zara dikenal sebagai siswi yang aktif dan cerdas. Ia juga sering terlibat sebagai panitia dan sukses menyelenggarakan berbagai event di sekolah tersebut.

Setelah tamat tahun 2022 kemudian Zara lulus di Institut Teknologi Bandung atau ITB jurusan arsitektur.

"Selamat Neng Zara, diterima di Arsitektur ITB melalui SNMPTN. Semoga suatu hari bisa terkabul cita-citanya bisa menjadi arsitek mendunia," begitu Ridwan Kamil memberi ucapan kepada putri tunggalnya itu melalui akun instagram @ridwankamil.

Tidak mudah menembus jurusan Teknik Arsitektur ITB, selain tingginya peminat juga karena daya tampungnya sedikit, hanya diperuntukkan untuk 80an mahasiswa baru, dan Zara masuk dalam salah satunya.

Tahun 2023, kemudian Zara membuat keputusan baru atas hidupnya, ia memilih meninggalkan ITB lalu melanjutkan kuliah di Newcastle University Inggris, masih dengan jurusan yang sama yaitu jurusan arsitektur.

Kepindahan Zara ke Inggris, kemudian dituding netizen sebagai salah satu penyebab mengapa pola pikir Zara jadi berubah hingga akhirnya memutuskan untuk melepas hijab sebagai salah satu ciri khas penampilannya sebagai anak muda Muslim.

Reaksi Sang Ibu

Reaksi ibu Zara, yaitu Atalia, ikut jadi perhatian netizen.

Dalam akun instagramnya @ataliapr, Atalia alias Bu Cinta kemudian membuat pernyataan yang penuh makna untuk sang putri.

“Dear Zara, I will always love u, no matter what.. Insyaa Allah, saat mamah tidak ada, Allah yang akan memeluk dan menjagamu, akan senantiasa membimbing dan memberi petunjuk kepadamu,” ujar Atalia.

“Be happy, Zaa.. The strongest girl that I ever met. Doa mamah dalam setiap helaan nafas, mamah iya.

Teman teman, terima kasih atas segala perhatiannya kepada zara.. Dalam hidupnya yang masih terus berproses, mohon doakan zara selalu ya...” lanjutnya Atalia lagi. (*)



 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: