Rektor UNJA Ajak Pemuda Jambi Peduli Lingkungan dalam Kelas Ekologi GSM WALHI Jambi

Rektor UNJA Ajak Pemuda Jambi Peduli Lingkungan dalam Kelas Ekologi GSM WALHI Jambi

Rektor UNJA Ajak Pemuda Jambi Peduli Lingkungan dalam Kelas Ekologi GSM WALHI Jambi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Rektor Universitas Jambi (UNJA), Prof. Dr. Helmi, S.H., M.H., menjadi salah satu pemateri dalam kegiatan ‘Kelas Ekologi’ pada Festival Orang Muda Jambi yang diselenggarakan oleh Green Student Movement (GSM) Jambi. Kegiatan tersebut berlangsung di Taman Budaya Jambi pada Sabtu, 9 Maret 2024.

Kelas Ekologi 2024 mengangkat tema ‘Kolaborasi Orang Muda Wujudkan Keadilan Ekologis’. Selain Rektor UNJA, kegiatan tersebut juga turut mengundang Rektor UIN STS Jambi dan Rektor UM Jambi.

Dalam sambutannya, Muhammad Rizki selaku Ketua GSM Jambi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Rektor-Rektor kampus yang telah hadir dan turut berkolaborasi. “Terima kasih kepada Rektor-Rektor kampus di Kota Jambi yang telah hadir dan sama-sama berkolaborasi untuk lingkungan yang lebih baik,” ujarnya.

Prof. Helmi selaku narasumber menyampaikan materi mengenai ‘Persoalan Lingkungan Hidup dalam Perspektif Hukum Adat’. Dalam pemaparannya, Prof. Helmi mengatakan bahwa kesadaran terhadap lingkungan hidup masih sangat kurang, dan mengajak untuk menerapkan 3 aspek dalam pembangunan keberlanjutan. “Kesadaran kita terhadap lingkungan hidup itu sangat kurang. Namun, kini kita mulai sadar dengan dampak yang terjadi. Ayo kita dekatkan 3 aspek dalam pembangunan keberlanjutan, pertama pertumbuhan ekonomi, kedua kesejahteraan masyarakat, dan ketiga lingkungan hidup harus lestari. Mari jaga keseimbangan antara ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup,” tuturnya.

Pembahasan berlanjut pada ‘Green Campus’, Prof. Helmi berpendapat bahwa Green Campus itu menjadi program strategis. “Rusaknya lingkungan menyebabkan ekonomi tidak tumbuh dan sosial juga jadi terancam. Kelestarian lingkungan dan kebijakan lingkungan memang salah satu konsep dan visi misi di UNJA. Green Campus itu menjadi program strategis dan UNJA sejak 5 tahun yang lalu 50% lebih dari penelitiannya sudah ke arah bagaimana kemudian lingkungan hidup bisa menjadi paradigma utama dalam pembangunan,” kata Prof. Helmi.

Prof. Helmi mengatakan kegiatan ini positif untuk membangkitkan semangat generasi muda. “Kegiatan ini positif untuk membangkitkan semangat generasi muda terutama mahasiswa dalam rangka penyadaran terhadap pentingnya kelestarian lingkungan, pentingnya peran mahasiswa, dan pentingnya peran kampus,” pungkasnya. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: