>

Rektor UNJA Resmikan Lahan Pertanian Modern di Kelurahan Bakung Jaya

Rektor UNJA Resmikan Lahan Pertanian Modern di Kelurahan Bakung Jaya

Rektor UNJA Resmikan Lahan Pertanian Modern di Kelurahan Bakung Jaya--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Tim PPK Ormawa Robotika & Otomasi Universitas Jambi melaksanakan peresmian lahan percontohan sebagai bagian dari Program Kelurahan Petani Hijau Modern Di Kelurahan Bakung Jaya pada Jum’at, (30/8/24). Acara peresmian ini dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Jambi, Prof. Dr. Helmi, S.H., M.H.

Pada peresmian lahan percontohan juga dihadiri Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Fauzi Syam, S.H., M.H, Ketua PPK Ormawa Dr. Nofrans Eka Saputra, S.Psi., M.A., Dosen Pembimbing, Ir. Yosi Riduas Hais, S.ST., M.T., Dosen Pembimbing Lapangan, Dr. Diah Riski Gusti, S.Si., M.Si., Lurah Bakung Jaya, Purwanoto, S.E., Ketua RT.12, Wahyono, serta masyarakat kelompok tani dan para pemuda setempat, bersama dengan undangan lainnya.

Rektor UNJA, Helmi, menyampaikan apresiasi atas dedikasi dan keberhasilan Tim PPK Ormawa Robotika & Otomasi Universitas Jambi dalam menerapkan smart farming di tengah masyarakat dan petani Kelurahan Bakung Jaya. Rektor berharap bahwa program ini menjadi langkah awal bagi Universitas Jambi untuk menunjukkan bagaimana karya dosen dan mahasiswa dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Dari beberapa proposal yang didanai, salah satunya yang diterapkan di Desa Bakung Jaya adalah program terpadu dalam bidang pertanian yang melibatkan mahasiswa dari Fakultas Sains dan Teknologi serta Fakultas Pertanian. Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada adik-adik mahasiswa dan para perangkat desa. Semoga program ini menjadi langkah awal bagi Universitas Jambi untuk menunjukkan bagaimana karya dosen dan mahasiswa dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat,” ujar, Rektor.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Fauzi Syam, S.H., M.H., mengatakan bahwa program PPK Ormawa ini didukung penuh oleh Universitas. “Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat maupun mahasiswa, bahwa kegiatan PPK Ormawa ini didukung penuh oleh Pimpinan,” ucap Dr. Fauzi Syam.

Ketua Tim PPK Ormawa Robotika dan Otomasi Universitas Jambi Dr. Nofrans Eka Saputra, S.Psi., M.A., mengatakan bahwa ada 3 lahan percontohan, lahan 1 (lahan hidroponik), lahan 2 (lahan sayur) dan lahan 3 (lahan sayur). “Smart farming yang diimplementasikan pada lahan 1 adalah pemberian nutrisi otomatis dan pengisian tandon air otomatis. Selanjutnya pada lahan 2 dan 3 adalah sistem penyiraman otomatis atau sprinkler yang menyiram otomatis berdasarkan data kelembaban tanah dan juga bisa dikontrol dengan smartphone serta menggunakan sumber listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya,” ungkap Dr. Nofrans.

Dr. Nofrans Eka Saputra juga mengatakan setelah peresmian Petani Hijau Modern Di Kelurahan Bakung Jaya, akan diadakan program kelas edukasi dan pembelajaran, pelatihan dan perawatan sistem smart farming dan PLTS, serta workshop penggunaan alat smart farming yang telah diterapkan di lahan-lahan percontohan. “Tujuannya adalah agar para kelompok tani dan pemuda yang tertarik dapat mengimplementasikannya secara mandiri, sehingga output dari program ini dapat berlanjut secara berkelanjutan dan memberikan dampak yang nyata,” tambah Dr. Nofrans.

Dalam kegiatan ini juga, Rektor Universitas Jambi Helmi, turut mengunjungi lokasi lahan percontohan dan secara langsung melakukan demo penggunaan alat penyiraman otomatis berbasis panel surya yang dikendalikan melalui smartphone.

Puncak acara ditandai dengan penandatanganan papan peresmian lahan percontohan yang dilakukan oleh Rektor Universitas Jambi, Prof. Dr. Helmi, S.H., M.H., bersama Kepala Lurah Bakung Jaya, Purwanoto, S.E. Penandatanganan ini secara simbolis menandai diresmikannya lahan percontohan untuk penerapan smart farming berbasis PLTS di Kelurahan Bakung Jaya. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: