Jokowi Bangun Tol Makassar New Port Senilai 705 Miliar

Jokowi Bangun Tol Makassar New Port Senilai 705 Miliar

Tol Makassar New Port menyambungkan pelabuhan lama ke pelabuhan baru dengan panjang 3,2 km -Foto: Dok BPJT PUPR-

MAKASSAR, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Pemerintah RI yang dipimpin Presiden Jokowi baru saja membangun Jalan Akses Tol Makassar New Port. Tol ini diresmikan pada Kamis (22/2/24) lalu.
 
Kepala Badan Pengelola Jalan Tol, Miftachul Munir dikutip dari keterangan resminya, mengatakan akses Tol Makassar New Port merupakan bagian dari jaringan jalan Tol di Kota Makassar yang lebih dulu terbangun dan beroperasi yaitu seksi I dan II dari Pelabuhan ke arah kota pada tahun 1998, kemudian seksi IV menyambungkan ke arah Bandara yang dioperasikan pada tahun 2008, kemudian seksi III yang masuk ke dalam kota.

"Jalan Akses Tol Makassar New Port menyambungkan pelabuhan lama ke pelabuhan baru dengan panjang 3,2 km dengan total investasi Rp. 705 Miliar yang sekaligus akan melengkapi jaringan jalan Tol di kota Makassar dan sekitarnya", jelas Miftachul Munir.

Dibangunnya Jalan Akses Tol Makassar New Port yang dikelola oleh PT. Jalan Tol Seksi Empat yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan ini, diharapkan dapat meningkatkan konektivitas Pelabuhan Makassar New Port dengan jalan Tol eksisting, memperlancar jalur ekspor dan impor distribusi logistik sehingga mempercepat laju pertumbuhan ekonomi kawasan Indonesia Timur.

Adapun peresmian Tol Makassar New Port langsung dilakukan oleh Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh Presiden RI Jokowi.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, pada pagi hari ini saya resmikan Jalan Akses Tol Makassar New Port di kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan", ujar Presiden RI Jokowi.

Hadir pula mendampingi Presiden RI Jokowi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Ketua Komisi V Andi Iwan Darmawan Aras, Pj. Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, dan Dirut PT. Nusantara Infrastructure Tbk Ramdani Basri. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: